SETETES DARAH KITA SANGAT BERMANFAAT BAGI YANG MEMBUTUHKAN , KEGIATAN DONOR DARAH RSD KERTOSONO

 



Nganjuk,radarmerahputih.com - Rumah Sakit Daerah Kertosono kembali laksanakan Kegiatan donor darah , kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Keluarga besar rumah sakit Daerah Kertosono, kali ini kegiatan donor darah dilaksanakan pada hari  Kamis, 30 Mei 2024 , dan  Rumah Sakit Daerah Kertosono bekerja sama dengan UPT Transfusi Darah PMI Kabupaten Nganjuk melaksanakan kegiatan yang telah dilakukan setiap 3 (tiga) bulan sekali ini.


Tujuan dari Donor darah merupakan kegiatan pengambilan darah dari Pendonor secara sukarela yang nantinya akan disalurkan kepada orang yang membutuhkan. Donor darah dinilai sebagai kegiatan yang baik serta menyehatkan. Selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.


Kegiatan donor darah sendiri juga merupakan salah satu cara kita untuk bisa memberikan harapan hidup kepada orang lain, sehingga dapat meningkatkan rasa kebersamaan. Bertempat di Instalasi Laboratorium RSD Kertosono, kegiatan donor darah ini diikuti oleh 50 pendonor yang terdiri dari staf dan para pengunjung Rumah Sakit Daerah Kertosono. Petugas PMI yang turut berkontribusi dalam kegiatan ini berjumlah 4 orang sedangkan petugas laborat Rumah Sakit Daerah Kertosono berjumlah 8 orang. 



Sebelum melakukan donor, calon pendonor akan dilakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh petugas, seperti kondisi fisik dalam keadaan sehat, usia, suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar hemoglobin (Hb) sesuai standar yang ditetapkan. Tidak kalah penting, sebelum melakukan donor darah, pastikan asupan gizi dalam tubuh terutama zat besi telah terpenuhi, istirahat yang cukup, serta minum air yang cukup agar tubuh dalam keadaan prima dan siap melakukan donor. Persyaratan menjadi Pendonor Darah adalah sebagai berikut :

Usia 17-65 tahun (usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua)

Berat badan minimal 45 kg

Temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat Celcius

Tekanan darah baik yaitu sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg

Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit

Hemoglobin perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram

Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5 kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan.



Mengutip dari website Kementerian Kesehatan RI, selain bermanfaat untuk orang lain, manfaat donor darah juga dapat dirasakan oleh tubuh kita secara fisik maupun mental, diantaranya adalah:

Manfaat Donor Darah Secara Fisik

Meminimalisir risiko Penyakit jantung,

Dapat mengurangi kekentalan darah dalam tubuh,

Menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh,

Dapat menurunkan kadar oksidan di dalam tubuh dengan meningkatkan kandungan antioksidan.

Manfaat Donor Darah Secara Mental

 Mengurangi stres,

Mengurangi perasaan negatif,

Meningkatkan kesejahteraan emosi,

Menurunkan rasa terasingkan.

Dengan melakukan donor darah secara rutin, secara tidak langsung kita juga bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis, karena petugas akan melakukan pemeriksaan detak jantung, tekanan darah hingga tingkat HB (Hemoglobin) sebelum melakukan pengambilan darah.

I



Rumah Sakit Daerah Kertosono mengucapkan terima kasih kepada semua pendonor darah yang telah bersedia mengikuti kegiatan rutin ini. Karena setetes darah kita akan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.


( Rdks/ sw ) 

Post a Comment

0 Comments