Ketum DPP PW MOI H. M. Jusuf Rizal Lantik 12 Pengurus DPD PW MOI Malang Raya

 



Malang.radarmerahputih.com Ketua Umum DPP PW MOI H. M. Jusuf Rizal, S.H melantik 12 anggota pengurus DPD PW MOI Malang Raya periode 2024-2027 di Kantor DPD PW MOI Malang Raya, Ruko Pelita Jaya, Jalan Kuntodewo, Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, pada Sabtu (22/6/2024).


Dalam kegiatan acara pelantikan, pengukuhan, para pengurus DPD PW MOI Malang Raya tersebut, juga ada sesi dialog membahas peran serta jurnalisme.


H. M. Jusuf Rizal yang juga Presiden LIRA Pusat, Jakarta, menjelaskan, bahwa saat ini dibutuhkan peran sinergitas jurnalis, terutama dalam melaksanakan fungsi pengawasan terhadap pemerintah daerah.


Menurutnya, Dewan Pers boleh mengatur perusahaan media, namun jangan mempersulit perusahaan media.


"Ya, karena adanya penyelundupan pasal seperti halnya perusahaan harus verifikasi oleh Dewan Pers. Jadi, jangan sampai Dewan Pers cenderung memonopoli, seolah-olah yang bisa hidup hanya media mainstream saja," terangnya di sela-sela pelantikan dan pengukuhan.


Dirinya juga menambahkan, bahwa Dewan Pers tidak perlu terlalu sibuk mengurus sertifikasi UKW bagi rekan-rekan media.


"Namun tugas Dewan Pers dapat melakukan hal yang lebih positif untuk dapat melindungi semua media," imbuh Jusuf Rizal.


Dirinya mempertegas, bahwa Dewan Pers bukan Tuhan yang mengatur, namun tidak mau dikritik.


"PW MOI diharapkan menjadi wadah dan dibentuk di setiap provinsi, tujuannya agar dapat berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa melalui pemberitaan, sebagai pilar ke empat demokrasi di Indonesia," papar Jusuf Rizal.


Meski begitu, dikatakannya, bahwa kehadiran PW MOI harus senantiasa membela kepentingan jurnalis. Selain itu, juga membela persoalan hukum kepada para jurnalis.


"Dimana salah satunya untuk BPJS Ketenagakerjaan, dengan tujuan memberikan perlindungan bagi para jurnalis, terutama untuk esehatannya," pungkas Jusuf Rizal.


Sementara itu, Ketua DPD PW MOI Malang Raya, Didik Nurtjahyono, S.E usai kegiatan acara pelantikan dan pengukuhan menyampaikan, bahwa PW MOI Malang Raya akan melakukan konsolidasi daerah, dengan membentuk DPC PW MOI.


"Tentunya dengan harapan, agar rekan-rekan jurnalis yang tergabung di PW MOI agar dapat bekerjasama dan bersinergi dengan pemerintah daerah. Jadi, saya berharap tidak ada diskriminasi diantara sesama media," tandas Didik Noer.

Post a Comment

0 Comments