Marhaen Djumadi Ketua Harian IKA UNESA Memotivasi Para Wisudawan UNESA Periode 110 Untuk Menjadi Orang Sukses

 


Surabaya, radarmerahputih.com - Marhaen Djumadi Ketua Harian Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNESA saat menghadiri Wisuda di UNESA Graha Lidah Wetan periode 110 ,  memotivasi para wisudawan UNESA pada Kamis 11 Juli 2024.


Dirinya memotivasi para wisudawan , dalam orasinya agar para wisudawan siap bersaing diera digital ini . Marhaen Djumadi berharap agar kelak  dari lulusan UNESA ini ada yang sukses jadi bupati , jadi gubernur ataupun jadi walikota . 


Marhaen Djumadi terus memotivasi wisudawan UNESA untuk menjadi orang sukses , kuncinya harus memiliki mental juara ,mental tangguh dan mental pantang menyerah , terus semangat hadapi semua perubahan didepan , memiliki mental berani apalagi sekarang sudah banyak kemudahan di bidang teknologi .


Marhaen Djumadi salah satu Alumnus prodi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Surabaya itu mengungkapkan banyak hal untuk membangkitkan semangat para wisudawan yang berjumlah 1506 orang itu.


Menurutnya “IKA UNESA adalah wadah bagi lulusan yang bermental juara, bermental tangguh, dan bermental sukses” ucap Marhaen melalui via WhatsApp nya 



“Lulusan UNESA harus bisa jadi orang yang sukses. Nanti ada yang jadi walikota, ada yang jadi bupati, ada yang jadi gubernur, ada yang jadi menteri dan profesi-profesi lainnya,” ujar Marhaen . 



“Saya takut ini (kemudahan teknologi) justru membuat para mahasiswa menjadi malas. Saya menyarankan agar mahasiswa diajarkan karakter untuk kerja keras. Orang tua harus memiliki keyakinan bahwa anaknya akan sukses. Itu adalah karakter yang harus ditanamkan,” tandasnya.

   ( Marhaen Djumadi saat orasi ilmiah


Dihadapan 1.506 wisudawan Marhaen Djumadi  membeberkan empat karakter sukses yang harus dimiliki para lulusan.

 Pertama, karakter mental juara. Para mahasiswa UNESA hingga lulus nanti harus memiliki mental juara, mental tangguh tidak mudah menyerah, dan tidak untuk saling sikut menyikut tetapi saling berkolaborasi.


“Karena apa? Kalau mahasiswa memiliki karakter juara yang baik maka sukses dengan sendirinya akan ada di tangan kita,” ucapnya.


Kedua, karakter yakin. Tidak hanya mahasiswa yang harus yakin dengan kemampuannya tetapi orang tua peran dan keluarga harus menjadi garda terdepan dalam menumbuhkan semangat dan menjadi support sistem yang baik untuk kesuksesan anak-anaknya.


Ketiga, karakter berani. Melalui keberanian yang ditanamkan kepada mahasiswa UNESA, diharapkan mereka menjadi lebih percaya diri. “Tak hanya itu, mereka harus bisa yakin dengan potensinya sendiri,” kata dia .


Keempat, mental kuat. Jika mengalami kegagalan, harus bangkit lagi. Jangan kalau gagal pertama sudah menyerah, tetapi jika gagal harus evaluasi apa yang menyebabkan gagal.


“Kemudian perbaiki dan setelah itu inovasi agar langkah yang diambil semakin maksimal,” ujarnya.


Marhaen berharap para wisudawan nantinya  bisa menjadikan IKA UNESA sebagai jalan untuk berproses dan berkontribusi untuk lembaga. Dia juga berharap IKA UNESA ke depan bisa berperan dalam membuka akses pekerjaan bagi para alumni.


Diakhir uraiannya “IKA UNESA akan menyediakan pendampingan agar mereka nanti bisa menentukan jalan sendiri dan meraih sukses masing-masing dengan kemampuan yang dimiliki,” pungkasnya.


Rdks. 

Post a Comment

0 Comments