Tunjang Mobilitas Petani Disaat Panen ,Pemdes Sukosari Bangun JUT

 


Madiun,radarmp.com- Untuk mempermudah akses jalan warga masyarakat dan memperlancar aktifitas petani dibutuhkan sarara jalan yang baik.


Pemerintah Desa (Pemdes) Sukosari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun peduli dengan warga masyarakat yang mata pencaharianya sebagai petani. Terbukti dengan dibangunya JUT(Jalan Usaha Tani) yang nanti dapat meningkatkan perekonomian warga desa Sukosari dalam sektor pertanian.





Kepala Desa Sukosari Kusno saat ditemui awak media pada Senin(01/07/2024) mengatakan, bahwa Pemdes Sukosari berniat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya dalam segala bidang khususnya sektor pertanian. Maka Pemdes merealisasikan pembangunan infrastruktur Jalan Usaha Tani (JUT) yang nantinya dapat menunjang aktivitas masyarakat petani didesanya  khususnya dibidang pertanian. Masyarakat akan dengan mudah melakukan aktivitas seperti mengirim bibit tanaman ke sawah, membawa hasil panen, menjual hasil panen ke pasar, dan lain sebagainya" jelas Kades Sukosari yang saat ini juga fokus untuk mewujudkan proyek *Multiyears* yaitu mengubah lahan tandus menjadi sebuah paket wisata wahana kolam renang.


Pembangunan JUT yang berlokasi di Dukuh Kenteng RT 14 RW 04 ini mengunakan anggaran dana desa sebesar Rp.88.534.400(Delapan puluh delapan juta lima ratus tiga puluh empat ribu empat ratus rupiah) dengan volume : 0,12 x 2,5 x 207 Meter dikerjakan oleh TPK(Tim Pelaksana Kegiatan) desa Sukosari dengan sitem padat karya tunai(PKT) ,juga diawasi oleh PPKD(Pelaksana Pengelola Keuangan Desa).



Pengawasan dibutuhkan agar setiap pengerjaan proyek berlangsung secara transparan dan akuntabel,serta tertib administrasi mulai dari perencanaan,pengerjaan sampai dengan pelaporanya " terang Kades Kusno.


Sementara saat awak media menyambangi lokasi animo para petani yang ikut dalam pembangunan pengerasan JUT tersebut sangat tinggi ,mengingat jalan itu nantinya bisa nenunjang kegiatan bertani mereka.


Dilokasi pemgerjaan jalan usaha tani tersebut terpampang papan nama proyek,ini menunjukan Pemdes Sukosari selalu mengedepankan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) disetiap proyek infrastruktur yang dilaksanakan.(jnd)

Post a Comment

0 Comments