Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2023 Kapolres Ngada: Keselamatan Yang Pertama dan Utama

 


( Kapolres Ngada AKBP Padmo Arianto, S.I.K, Selaku Inspektur Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2023,  Tingkat Kabupaten Ngada, Bertempat Dilapangan Apel Polres Ngada, Selasa (07/02/2023)


Ngada ,radarmerahputih.com -Polres Ngada bersama Instansi terkait, melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Turangga 2023, bertempat dilapangan Apel Polres Ngada, Selasa (07/02/2023)


Personil Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2023, diwilayah Kabupaten Ngada terdiri dari Personil Kodim 1625/Ngada, Personil Polres Ngada, Dinas Perhubungan Kabupaten Ngada, Jasa Raharja Kabupaten Ngada


Kapolres Ngada AKBP Padmo Arianto, S.I.K selaku Inspektur Apel Gelar Pasukan membacakan amanat Kapolda NTT Inspektur Jenderal Polisi Drs. Johni Asadoma, M.Hum

Dalam amanatnya Kapolda NTT menyatakan, permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. 


Hal ini sebagai konsekuensi dari  meningkatnya jumlah kendaraan bermotor   dan populasi penduduk, yang memerlukan alat  transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. 


Perkembangan transportasi juga telah memasuki era digital, di mana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan handphone, modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri khususnya polantas.

 

Sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, kita diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan  kualitas pelayanan publik. 

Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan, keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. 


Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting, hal itu dapat ditunjukkan dari pengguna lalu lintas, kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah. 

 

Data jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda NTT berdasarkan aplikasi IRSMS (integrated road safety management system) yang dikelola ditlantas Polda NTT, terjadi kenaikan pada tahun 2022 sebanyak 11 Persen dibandingkan tahun 2021.

Pelanggaran lalu lintas terjadi kenaikan 129 persen ditahun 2022 dibandingkan ditahun 2021. Dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1444 H, Polri melaksanakan Operasi Kepolisian di tingkat Polda dan Polres dengan sandi Operasi “Keselamatan Turangga 2023” 

 

Operasi Keselamatan Turangga 2023, yang akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 7 februari sampai dengan 20 februari 2023, secara serentak di seluruh indonesia. 

Adapun sasaran Operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas serta penyebaran covid-19. 


Dengan berpedoman pada sasaran tersebut di atas, maka diharapkan Operasi Keselamatan tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas laka lantas, meminimalisir kemacetan lalu lintas.

 



Sebelum mengakhiri amanatnya Kapolda NTT menekankan kepada seluruh personil yang terlibat dalam operasi, agar menghindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak Citra Polri

"Agar melaksanakan  Operasi Keselamatan ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat"ujarnya. 

 "Wujudkan kamseltibcar lantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan"


Kapolres Ngada selaku Inspektur Apel Gelar Pasukan, sebelum menutup amanat Kapolda NTT menghimbau kepada seluruh personil yang terlibat Operasi, agar setiap pelaksanaan tugas senantiasa selalu memanjatkan doa, agar tugas dapat berjalan dengan aman dan lancar


"Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Rsa, saya mengucapkan “selamat melaksanakan tugas operasi kepolisian dengan sandi operasi “keselamatan turangga-2023”.tutupnya

( Humas Res Ngada / rdks ). 

Post a Comment

0 Comments