Disperta Kabupaten Madiun Hadiri Hal-Bihalal Dan Sedekah Bumi Di BPP Kare*

 *


Madiun,radarmp.com- Pertemuan rutin Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Kecamatan Kare kali ini bersamaan dengan Halal-bihalal dan *Sedekah Bumi* yang bertempat di BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kecamatan Kare pada Selasa 30 April 2024.

 

Sedekah bumi adalah upacara adat untuk mengungkapkan rasa syukur kepada TUHAN Yang Maha Esa yang telah memberikan rejeki melalui bumi berupa hasil pertanian dan perkebunan.


Hadir dalam acara tersebut Camat Kare Alviantoro,S.STP.M.H, Kepala bidang Prasarana dan Sarana Pertanian(PSP) Parna,SP  Kepala bidang Kelembagaan dan SDM Disperta Kabupaten Madiun Sepi Imam R,S.pt.


Dalam sambutanya Camat Kare Alviantoro menyampaika ,bahwa pemerintah Kecamatan Kare mendukung setiap tradisi masyarakat sebagai bentuk melestarikan budaya leluhur selama tidak bertentangan dengan nilai-nilai keimanan masyarakat. Camat juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kare untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan dan memupuk persatuan antar anggota kelompok Gapoktan serta meningkatkan Gapoktan Kare lebih baik ditahun yang akan datang.


Sementara Kabid SDM Disperta Kabupaten Madiun mengatakan, Ucapan syukur pada Allah SWT dilakukan oleh Gapoktan Kare karena mereka merasa musim panen tahun ini berhasil dan melimpah ruah. Selain ucapan rasa syukur sedekah bumi dilakukan

untuk mempererat tali silaturahmi dan koordinasi antar anggota Gapoktan.

"Semoga Dengan diadakanya sedekah bumi ini Gapoktan Kare dapat mendorong kekompakan dan ke'gotong-royongan antar anggota kelompok tani ,hal ini sesuai dengan program Gerakan Ronda Bersama Atasi Permasalahan Petani (Gerobak Tani) yang digaungkan oleh Disperta  ygKabupaten Madiun sejak tahun 2023 " 


Dimana kegiatan ini dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada baik itu dari dinas,PPI pemdes dan kelompok tani serta untuk mengali kearifan lokal yang ada dikita dengan harapan budidaya yang dilakukan akan berhasil yang mana nanti dapat meningkatkan taraf hidup para petani "harap Kabid SDM Sepi Imam R, S.pt .


Gapoktan Kare merupakan gabungan kelompok tani yang di dukung sumber daya alam yang melimpah dengan komoditas tanaman kopi,coklat, sayur-sayuran,tembakau dan masih banyak lagi tanam Hortikultura yang bisa tumbuh subur kecamatan Kare "terangnya. (jnd)

Post a Comment

0 Comments