*Sosialisasi syunting di suka damai _ - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Thursday, April 29, 2021

*Sosialisasi syunting di suka damai _

 


Dompu radarmerah putih*_ Pemerintah melalui Dinas kesehatan telah mencanangkan pencegahan syunting(kerdil), masyarakat Manggelewa di 3 Desa yakni : Desa Suka damai , Tanju dan Kawangko.

   Pada hari Kamis 29/4/21 , di laksanakan sosialisasi  program pencegahan " Syunting " di Desa Sukadamai Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu NTB, yang di hadiri  seluruh kader posyandu dan tenaga kesehatan , dan bidan Desa, LPM , BPD Desa Suka suka Damai.

   Kades suka damai dalam sosialisasi menitip pesan pada petugas kesehatan, kader posyandu, dan bidan, agar mensosialisasikan dan bimbingan  pada masyarakat tentang gizi keluarga yang berimbang, agar anak dilahirkan tidak kerdil (syunting ) .Kades menambahkan agar sama sama mengkonsumsi makanan bergizi.., sambungnya.

    Camat Mangelewa Ismail S, sos dalam sambutan mengungkapkan dinamika kehidupan , masih dalam lindungan yang maha kuasa. Ismaill S.sos, menyebutkan dalam paparan sosialsasi syunting di Manggelewa ada 3 yang mendapat Pencanangan program pencegahan Syunting yakni Suka damai, Tanju dan Kwangko.

    Camat Manggelewa Ismail S,sos, dalam kata sambutan mengapresiasikan pada pemerintah Desa Suka damai yang melakukan kegiatan sosialisasi dan pencegahan Syunting . Ismail mendorong masyarakatnya, agar meningkatkan kesejahteraan, sandang , pangan,  dalam kata sambutan ini saya harapkan agar keluarga kita dapat mengkonsomsi makanan bergizi .

   Camat Manggelewa Ismail S,Sos, selanjutnya menyikapi kagiatan ini , mendorong para Puskesmas Soriutu dan R.Sakit Pratama agar bisa mencegah syunting, sehingga masa depan anak bangsa menjadi cerdas tutur camat Ismail.

   Tentu saja dalam pergaulan pun akan mempengaruhi , Ismail mengajak anak anak kita memilih teman pergaulan , yang bisa di contohi dan keteladanan dalam kehidupan sehari hari ujarnya. Dan dalam membangun rumah tangga membimbing Anak peranan penting seorang ibu ujar Ismail, seorang bapak memberikan motivasi istri dalam membimbing anak .

   Adrinto, Skm .M.kes dalam paparan program menyebutkan data dari puskesmas Manggelewa sejumlah 2029 orang warga Manggelewa,  139 balita Syunting . 

Sementara 50 persen data syunting atau kerdil oleh karena itu pemerintah mencanangkan program pencegahan Syunting dari tahun 2019,2020 dan 2021.

    Kabupaten Dompu mulai 2019 masih 35 persen syunting, WHO,  harapkan bagai mana angka 35 persen bisa turun drastis, sekurang kurangnya di bawah 28 persen, jadi ! Ibu ibu hamil , mengatur menu makanan yang berimbang , selain itu lingkungan juga akan berpengaruh .

   Kalau memang ibu hamil tidak mengkonsumsi makanan berimbang tentu saja berpengaruh pada bayi, sehingga penyakit yang dideritanya, seperti cacing, menceret dan infeksi. 

Zun