Polri : Galakkan e-Dumas Sebagai Sarana Mudahkan Masyarakat Lapor Terkait Kinerja Polisi

 



Nganjuk. radar merah putih .com-Untuk mempermudah masyarakat dalam hal melaporkan jika terjadi sesuatu di sekitarnya , mulai saat ini masyarakat Indonesia pada umumnya kususnya di wilayah Kabupaten Nganjuk Jawa Timur  dengan wadah atau tempat kusus pengaduan ke pihak kepolisian setempat ,Polri meluncurkan aplikasi Dumas (pengaduan masyarakat) Presisi atau e-Dumas untuk memungkinkan masyarakat membuat laporan secara online. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyebut aplikasi itu mampu memudahkan masyarakat untuk mengadukan perihal kinerja polisi.Polres Nganjuk 03/04/2021:.


Kasubbag Humas Polres Nganjuk Iptu Supriyanto kepada media menjelaskan ," Melalui e-Dumas, masyarakat juga bisa mengetahui sejauh mana perkembangan laporannya, memudahkan masyarakat dalam melaporkan hal-hal yang terkait dengan kinerja Polri dan anggota Polri, dan ini menjadi media yang efektif, karena masyarakat dapat secara langsung mengetahui perkembangan penanganan kasus yang dilaporkan ," jelas Iptu Supriyanto .


Masih mrnurutnya ," Saat ini kepolisian masih terus mensosialisasikan aplikasi Dumas Presisi kepada masyarakat. Polri optimis program ini akan diterima dengan baik di masyarakat," kata dia .


Dijelaskan juga " Sebelumnya, aplikasi Dumas (Pengaduan Masyarakat) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) telah resmi diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.," Katanya. 

Polri menegaskan akan tetap mengklarifikasi terlebih dahulu setiap laporan dari masyarakat yang masuk.


Dijelaskan pula ," Ada berbagai macam pentahapan. Terutama untuk menghindari orang-orang tidak bertanggungjawab , tetap harus melalui proses klarifikasi. Contoh seperti identitas. Kalau identitas tidak terpenuhi tidak bisa masuk tahap kedua. Semuanya harus bisa terklarifikasi. " Jelas Kasubbag Humas .


Diakhir ungkapanya ," adi laporannya bukan laporan bohong-bohongan atau fitnah, tapi yang sebenarnya. Polri yakin kalau masyarakat ada problem, melaporkan, nanti bisa dibuka lewat HP, kemudian dicek ada Dumas Presisi itu kalau bisa di-download melalui App Store.," pungkas  Iptu Supriyanto didepan sejumlah media .


Sumber.    . : (humas Acha)

Responden : siwi 

Post a Comment

0 Comments