-->

Author Details

TIM TERPADU SATGAS COVID 19 KABUPATEN DOMPU KUNJUNGAN KERJA KEKECAMATAN MANGGELEWA

Wednesday, July 14, 2021, July 14, 2021 WIB Last Updated 2021-07-15T02:27:38Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Dompu ,radarmerahputih.com- Tim satgas terpadu covid- 19 Kabupaten Dompu , melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu NTB. k

Kunjungan kerja tersebut  dalam rangka monitoring kesiapan dan fasilitas maupun tenaga kesehatan yang ada di dua titik  yaitu di Rumah Sakit Pratama dan Puskesmas Soriutu Kecamatan Manggelewa Rabu tanggal 4 Juli 2021 sekitar pukul 12.50 Wita .

      Dalam Kunjungan Kerja dan Monitoring tersebut , bertujuan untuk mengecek kesiapan fasilitas yang dibutuhkan dalam menangani  pencegahan penyebaran virus Corona , yang artinya di dua tempat tersebut  akan difungsikan untuk pelayanan pasien Covid 19  , fasilitas yang memadai serta faktor  keamanan lingkungan di rumah sakit tersebut .

Dilokasi pantauan awak media , dalam kegiatan tersebut  ikut hadir   Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, S.H, S.I.K , Dandim 1614 Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S. Kom ,  Kepala BNPB Kabupaten Dompu Jufri, ST, M. Si, Sekda Kabupaten  Dompu H. Muhamad Saiun, S.H, M.si , Sekretaris Dinas Kesehatan  Kabupaten  Dompu Maman, S. Km, Kapolsek Manggelewa IPTU Abdul Malik, S.H, serta  Danramil Manggelewa Lettu Inf. Maturidi.

     Dalam konteks kegiatan  kunjungan yang  pertama ,  rombongan Tim Satgas Covid 19 Kab. Dompu ,  menuju Rumah Sakit Pratama Manggelewa, dikarena kan  Rumah sakit Pratama akan di manfaatkan untuk menampung pasien covid 19 sesuai SOP yang telah di keluarkan oleh Pemerintah . Direktur rumah sakit Pratama dr.Husni Mubaroq  telah menerima SOP tersebut saat di tanya wartawan bahkan rumah sakit Pratama telah di tunjuk untuk menangani pasien covid 19. 

     Selanjutnya dalam kunker tersebut  Tim satgas Covid 19 Kabupaten  Dompu disambut hangat oleh Kepala Rumah Sakit Pratama Manggelewa yaitu dr. Husni Mubarak beserta Nakes Rumah sakit Pratama,

Dalam sambutanya Husni Mubaraq mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas kunjungan  di tempat tersebut. Rombongan tim satgas Covid 19 Kabupaten Dompu mengecek kesiapan dan ruangan yang akan digunakan sebagai ruangan isolasi dalam penanganan pasien yang terpapar Covid 19. Dalam kunjungan tersebut  tim monitoring , sekaligus melakukan konsultasi dan  tanya jawab dengan Kepala Rumah Sakit Pratama dr. Husni Mubaraq di  Manggelewa. 


 Usai melaksanakan monitoring dan evaluasi  serangkaian kunjungan kerja di RS Pratama Manggelewa,  rombongan Tim Satgas Covid 19 Kab Dompu melanjutkan perjalanan  mengunjungi Puskesmas Soriutu.    Dengan hati yang gemilang  tim  satgas terpadu penanganan covid 19- Dompu dan  Rombongan , disambut baik oleh Kepala Puskesmas Soriutu Siti Herna Fatmasari, Amd, Kep, Kepala Desa Lanci Jaya Syahrir, S. Pd dan Dokter yang berada di Puskesmas Soriutu serta Nakes Puskesmas Soriutu.

      Merujuk kegiatan  di Puskesmas Soriutu melihat sejauh mana kesiapan  tersebut, hampir sama dengan kunjungan di Rumah Sakit Pratama yaitu rombongan Tim Satgas Covid 19 Kab Dompu mengecek setiap ruangan dan fasilitas yang ada. Selanjutnya tim dan  rombongan melaksanakan pengarahan di Aula Puskesmas Soriutu. Adapun  arahan tersebut disampaikan beberapa hal yang   baik dari Kapolres Dompu, dan dari  Dandim 1614 Dompu, Kepala BPNB dan Sekda Kabupaten  Dompu .

    Kepala BPNB Kab.Dompu Jufri ST, M.si  “ mengucapkan terimakasih atas kinerja Nakes, kami sangat  berharap untuk ditingkatkan dan disertai   dengan laporan agar kerjaan bisa Output yang jelas dan menunjukan keberhasilan yang maksimal seperti hasil rapidtes dan  kesembuhan Covid “.ungkapnya .

    Sekda Kab. Dompu Menyampaikan “ Giat ini merupakan sistim mendadak(sidak) terhadap kinerja para Nakes dengan kondisi Covid 19_ yang naik signifikan , menjadi perhatian kita semua, ungkap Sekda Dompu ,  selain itu saya juga merasa malu terhadap Kapolres dan Dandim karena beliau setiap hari memantau dan ikut turun ke lapangan untuk mengetahui perkembangan Covid 19- di Dompu ini tutur Saiun S,H, - Sehingga terhadap setiap permasalahan harus diselesaikan segera karena banyak faktor yang menyebabkan peningkatan Covid di Kab. Dompu , yaitu aspek external dan aspek internal di antaranya kesadaran masyarakat dan kesadaran Nakes itu sendiri,  dan di harapkan agar Nakes disini bisa mengatur jadwal kerja agar hal tersebut bisa meminimalisir terpaparnya Nakes oleh Covid “, ujar sekda Saiun SH.

    Kapolres Dompu menyampaikan “ Bahwa Tim Terpadu Satgas Covid 19 Kab Dompu di tunjuk Pemerintah Atas dan untuk  melihat Trend Covid di Dompu semakin meningkat, karena  di manapun berada terdepan adalah tenaga kesehatan(nakes), kebanyakan yang terpapar Covid adalah Nakes, bagaimana hal tersebut bisa di minimalisir, itu semua tergantung kesadaran kita masing masing ," ungkap Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH,Sik .



" dengan mematuhi Protokol Covid karena Nakes merupakan petugas yang kontak langsung dengan Pasien. Dan dalam melaksanakan tugas saya  mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan Vaksin dosis pertama yang terpenting saat dosis kedua jangan sampai kurang dari dosis pertama harap  AKBP Syarif Hidayat SH,SIk. Jika terdapat Pasien Covid melaksanakan isolasi mandiri, tolong tenaga Nakes terus di pantau dan di cek kondisinya dan tetap di laporkan agar kita semua mengetahui perkembangan Covid di Dompu ini. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih, kami di sini untuk membangun hubungan dan  komunikasi dengan rekan - rekan Nakes “.

Dandim 1614 Dompun menyampaikan “ hanya mengingatkan lagi kepada Nakes untuk melaksanakan SOP, jangan sampai Nakes kita tumbang dan akhirnya hal tersebut akan menimbulkan gejolak social, agar data Penerima Vaksin di teliti lagi sebagai laporan ke pimpinan selain berharap untuk tenaga Nakes terus semangat melaksanakan tugasnya terutama dalam hal penanganan Covid “.ucapnya .



Dalam kesempatan yang sama Dandim ,  seijin Kapolres Dompu, Kapolsek Manggelewa menyampaikan bahwa “ Kunjungan Kerja dan monitoring  dari Tim Terpadu Satgas Covid 19 merupakan bentuk kepedulian Tim Terpadu Satgas Covid 19 dalam penanganan Covid 19 yang berada di Kabupaten Dompu serta mengecek kesiapan Nakes maupun ruangan dalam penanganan covid 19, sehingga penyebaran Covid 19 dapat di minimalisir “ ujarnya.

" selain itu Kapolsek Manggelewa Abdul Malik SH,  juga menyampaikan dan mengingatkan warga agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan sehingga penyebaran Covid 19 dapat di cegah dan teratasi , serta meminta kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan ," ungkap Kapolsek Abdul Malik SH.

(Zun)

Komentar

Tampilkan

Terkini