-->

Author Details

Festival ' Petik Laut ' Di Desa Kalirejo, Kraton Dibuka Langsung Oleh Wabub Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron

Tuesday, December 7, 2021, December 07, 2021 WIB Last Updated 2021-12-07T13:26:12Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Pasuruan - radarmerahputih.com,- Ungkapan rasa syukur atas karunia Allah SWT, masyarakat Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan yang mayoritas Nelayan menggelar tradisi ' Petik Laut ', Selasa ( 7 Desember 2021 ).



Ketua Panitia H Zainal Abidin atau yang biasa dikenal H Ebit, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai tradisi atau rutinitas setiap tahun yang digelar oleh masyarakat Desa Kalirejo.



" Alhamdulillah, perlu diketahui bersama bahwa kegiatan ' Petik Laut ' pada tahun ini diselenggarakan atas usulan dari Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, H Nurul Huda yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, yang biasa ditahun - tahun sebelumnya diselenggarakan dengan swadaya masyarakat ".



" Dan kami selaku Pantia penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah, seluruh jajaran atas turut mensuport dalam acara Petik Laut ini, sehingga acara bisa berjalan dengan lancar ", ucap H Ebit dalam sambutannya.



Selain itu, Wakil Bupati ( Wabub ) Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron, S.H, M.H yang juga turut hadir sekaligus menyatakan bahwa pihaknya menyambut baik kepada Mas Huda selaku anggota DPRD Fraksi PKB Kabupaten Pasuruan  sudah berkordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan.



" Kami berharap sebelum berangkat diawali dengan niat supaya semua diberi keberkahan dan kesehatan serta keselamatan selalu diberi lindungan Alllah SWT. Sekali lagi saya mengucapkan banyak - banyak terima kasih kepada seluruh jajaran, dan terima kasih pula kepada H Syahrir yang termasuk mensuport, turut serta dalam menjaga keamanan, membantu Pemerintah dengan usaha - usahanya selama ini ", Ungkap KH Abdul Mujib Imron, S.H, M.H.



Disisi lain, diselang acara pembukaan Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, Eka Wara Brehaspati juga menambahkan bahwa festival petik laut di Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan dengan tujuan kita semua bersyukur kepada Allah SWT  atas nikmat yang diberikan terutama dari potensi kelautan. 



" Mudah - mudahan semua diberi kesehatan, keberkahan, selalu dalam lindungan Allah SWT baik yang ada di laut dan sebagainya, tentu dengan misi dan visi Bapak Bupati dan Wakil Bupati bagaimana kegiatan ini demi kepentingan masyarakat yang Maslahat, sehingga kita berharap petik laut ini bisa kita berdayakan salah satunya potensi Kabupaten Pasuruan ", ucap Eka Wara Brehaspati.



Sementara itu, guna untuk mensuport, H Nurul Huda selaku anggota DPRD Kabupaten Pasuruan menyebutkan bahwa dirinya akan tetap berusaha dalam memberikan usulan - usulan kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan, sehingga tradisi ' Petik Laut ' ini khususnya di Desa Kaligung untuk dijakan suatu salah satu program dari pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan.



" Ini adalah salah satu permintaan masyarakat agar supaya bisa dijadikan suatu salah satu program Pemerintah khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan, kedepan saya berharap agar supaya Pemerintah terus ikut andil, memasukkan program ini sehingga untuk tahun depan dan tahun - tahun berikutnya terus berjalan dengan lancar ".



Perlu diketahui bersama bahwa, menurut Kepala Desa Kalirejo, M Adib menjelaskan bahwa kegiatan diselenggarakan secara searentak yang terbagi di 5 Dusun, diantaranya Dusun Kaligung, tawangsari, kertosari, kisik, dan Gumeng.



" Sebenarnya kegiatan ini dilaksanakan setiap Hari Raya Ketupat, Alhamdulillah sejak satu bulan sebelumnya melakukan persiapan, pada hari ini bisa terlaksana. Kami selaku Pemerintah Desa akan terus berupaya untuk selalu inten dalam berkomunikasi, sehingga apa yang dilaksanakan dalam petik laut bisa berjalan dengan lancara, aman serta kondusif ".

 (Syah)

Komentar

Tampilkan

Terkini