-->

Author Details

Kepala sekolah pilar pendidikan Uswatun Hasana

Saturday, December 4, 2021, December 04, 2021 WIB Last Updated 2021-12-04T12:34:18Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


 Dompu radarmerahputih.com- Sejumlah 10 sekolah di Kabupaten Dompu terpilih mengikuti program organisasi sekolah penggerak , tentu saja yang di dalamnya adalah 10 orang kepala sekolah sebagai pilar pendidikan dan tergabung sebagai guru penggerak yang mencetuskan  siswa-siswi yang cerdas literasi.

   Program organissasi  penggerak kementerian pendidikan dan Kebudayaan mulai 2021_ 2023 mendatang telah terpilih sejumlah 110 sekolah  seluruh Indonesia  sasaran program, 7 propinsi, 11 kabupaten kota,  diantaranya 10 Sekolah di kabupaten Dompu di dua Kecamatan, yakni 5 sekolah  Kecamatan Kempo dan 5 sekolah Kecamatan  Manggelewa. Adapun sekolah di Kecamatan Kempo : SDN No 2 Kempo, SDN no 10 Kempo , SDN no 16 Kempo, 18 kempo dan SDN no 19 Kempo, sementara itu 5 sekolah di Kecamatan Manggelewa yakni SDN 17 Manggelewa, SDN  18 Manggelewa,SDN no 27 Manggelewa dan SDN no 30 Manggelewa.

   Tujuan program antara lain agar kepala sekolah dan guru memiliki kompetensi penggerak lokal, dan (diganti dengan yang saya kirim) *meningkatnya budaya lokal yang merujuk siswa dan masyarakat madani yang Uswatun Hasanah* (ini gak termasuk dalam tujuan POP-SLI): Kompetensi para penggerak lokal, (alumni program dompet duafa konsultan, instruktur atau SDM potensial)sebagai master teacher yang profesional dan standar. 

Meningkatkan kompetensi kepala sekolah melalui pembinaan terstruktur  dan komprehensif . Proyeksi sosial terciptanya ekosistim atau komunitas pembelajaran proyeksi sosial diwilayah sasaran program. 


Jadi kepala sekolah adalah tidak hanya sebagai seorang manajer, tetapi juga sebagai fasilitator, mitra kerja guru, dan orang yang dituakan di lembaga pendidikan.

      Dimomen tersebut pada hari Sabtu, 4 Desember 2021, fasilitator Daerah(FASDA)Hj HJ.Rusmaeni, S,Pdi Muhammad Eliyas Prabowo S,PDI  dan Riyadhusshoalihin, S,Pd, mengajak para kepala sekolah untuk melakukan diskusi *_partisipatif_* dengan metode SSD (School Strategic Discussion), yaitu bagaimana menyusun rencana pengembangan  strategis sekolah yang melibatkan semua elemen-elemen yang terkait dengan sekolah. Kepala sekolah bergerak bersama guru dan elemen sekolah yang terlibat untuk  meningkatkan kualitas pendidikan. 

Kegiatan pembukaan di pusatkan di aula SMP 1 Manggelewa, dan pembagian jadwal  pertemuan selanjutnya di setiap sekolah sasaran, menurut rencana akan  dilanjutkan hari Senin ujar tim FASDA-SLI 

( Zun).

Komentar

Tampilkan

Terkini