-->

Author Details

Penanaman Pohon Ditepi Jalan Sangat Penting .

Wednesday, December 8, 2021, December 08, 2021 WIB Last Updated 2021-12-08T23:01:33Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Nganjuk , radarmerahputih.com ,- Cintai alam sekitar , dengan penataan lingkungan utamanya jalan ,dengan  tujuan kota terlihat cantik dan indah .

Bukan hanya penataan designe nya saja. Namun dengan penanaman pohon ditepi jalan itu juga sangat sangat penting .  


Menurut Plt  Kepala Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten Nganjuk ," Penghijauan untuk suatu kota yang padat penduduknya akan sangat menolong orang di sekitarnya meneduhkan jalan-jalan, maupun mengurangi pantulan jalan cahaya dari bangunan di sekitarnya dan penyaring debu polusi udara yang dikeluarkan dari kendaraan-kendaraan, dan kebisingan yang ditimbulkan dari suara kendaraan. ," Ujarnya .


" Demikian juga dengan suhu-suhu dari bangunan bertingkat yang banyak menggunakan kaca yang menyebabkan kenaikan suhu di lingkungan sekitar.

Menanam pohon di pinggir jalan perlu diperhatikan dalam menempatkannya. Misalnya, lebar jalan dan berm (pembatas jalan biasanya berwarna hitam putih), serta kecepatan minimum dari kendaraan yang lewat.

Memperhatikan intalasi-intalasi yang ada baik diatas maupun di bawah berm maksudnya agar perakaran dari pohon tadak terlalu mengganggu intalasi tersebut. Jarak penanaman agar tercapai pertumbuhan sempurna dari pohon pelindungnya.

Arah cahaya matahari, pertimbangan ini dimaksudkan agar supaya rumah penduduk yang berada ditepi jalan tetap mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Jika ditempatkan dengan baik pohon, pohon yang sudah ditata akan memberikan estetika lahan yang baik pula.," Jelas Yudi .


 Sangat menarik bukan? yah, pohon memang memiliki banyak makna untuk kehidupan.

Untuk itu, mari kita jaga pohon-pohon yang sudah ada. Lebih bagus lagi dengan menanam pohon di berbagai tempat yang sudah sedikit pohonnya. Kehidupan akan memberikan hal positif ketika kita mampu memberikan nilai yang positif juga.




Yudi Erwannto Plt . Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk kepada media ini mengatakan ," Pentingnya fungsi dan manfaat pohon tepi jalan.Banyak hal . . kenapa penanaman pohon di tepi jalan..?  yaitu ,  Dengan banyaknya gas polutan, adanya pohon bisa menyerap karbon monoksida. Selain itu bagi pejalan kaki, pohon bisa menghasilkan oksigen untuk bernapas. Serta sebagai peneduh bagi pejalan kaki dari teriknya matahari. " Kata Plt Kadis LH ini. 


Namun mengapa banyak penebangan dan pemangkasan liar tanpa ijin dan arahan dari DLH ..? 

Penebangan liar akan meningkatkan potensi bahaya lebih tinggi karena tidak memahami kriteria dan proporsi baik pohon, dahan, maupun akar. 


Sebenarnya sudah ada larangan memotong, membakar, atau mengerat pangkal pohon dengan  tujuan supaya pohon mati dengan  harapan akan segera dilakukan pemotongan


Pohon tinggal menyisakan pokok utama . Hal ini besar kemungkinan menjadikan pohon akan mati


( Adv/ siwi ) 

Komentar

Tampilkan

Terkini