-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

Upacara Hari Lahirnya Pancasila , " Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”

Thursday, June 2, 2022, June 02, 2022 WIB Last Updated 2022-06-07T13:00:16Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Nganjuk radarmerahputih com - Dengan mengenakan pakaian adat Jawa, Plt Bupati Nganjuk, DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA bersama Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Nganjuk mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022 secara virtual dari Pendopo K.R.T Soesrokoesomo, Rabu (01/06/2022).


Secara nasional, peringatan hari lahir Pancasila tahun ini di pusatkan di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan mengusung tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.


Hadir pada  upacara tersebut perwakilan dari Kapolres Nganjuk, Dandim 0810/Nganjuk Letkol Inf. Tri Joko Purnomo, Kajari Nganjuk Nophy Tennophero Suoth, Ketua Pengadilan Nganjuk Chitta Cahyaningtras, Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, S.Sos, Sekda Nganjuk Drs. Mokhamad Yasin, M.Si, Kepala OPD dan Pengurus Perguruan Pencak Silat se Kabupaten Nganjuk.



Dalam amanatnya, Presiden RI  Ir. Joko Widodo (Jokowi) selaku Inspektur upacara, mengajak seluruh putra-putri bangsa untuk bersama-sama membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila baik bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


“Bangsa dan negara kita tetap bisa berdiri kokoh menjadi negara yang kuat. Karena, kita sepakat untuk berlandaskan Pancasila, “ tutur Jokowi.


Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengingatkan agar Pancasila betul-betul  diamalkan dan diperjuangkan. “ Mari kita wujudkan kedalam bermasyarakatan, berbangsa dan bernegara yang diimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dengan menjiwai sebagai interaksi antara sesama anak bangsa, “imbuhnya.




Sementara itu, seusai mengikuti upacara. Plt Bupati Nganjuk Kang Marhaen mengajak jajarannya untuk memaknai hari lahir Pancasila dengan mewujudkan Kabupaten Nganjuk yang aman, tentram dan kondusif. Terutama yakni persatuan antar perguruan silat di Kabupaten Nganjuk.


Hal tersebut dijelaskan Kang Marhaen, sesuai dengan Perpres No 24  Tahun 2016 tentang 1 Juni sebagai lahirnya Pancasila. “ Oleh karena itu, dengan lahirnya pancasila ini mari kita menjaga kekondusifan di Kabupaten Nganjuk.  Yuk, kita jaga tanah kelahiran kita, “ ajaknya.


Lebih lanjut Kang Marhaen berharap dengan bersatunya seluruh komponen, seperti perguruan silat yang ada di kabupaten nganjuk ini, bisa menjadikan kekuatan dalam membangun Kabupaten Nganjuk yang maju dan bermartabat. “ Saatnya, perguruan silat di Kabupaten Nganjuk bersatu demi mewujudkan Nganjuk Bangkit, “pungkas kang Marhaen.


( Adv ) 



Komentar

Tampilkan

Terkini