Lestarikan Adat Budaya Jawa, Pemdes Jambangan, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan Gelar Tandakan Atau Tayuban.

 


Magetan, radarmerahputih.com - Dalam rangka melestarikan tradisi budaya yang telah diwariskan para leluhur nenek moyang, Pemerintah Desa (Pemdes) Jambangan, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan mengadakan bersih desa. Jum'at (12/08/2022).


 Acara ini merupakan acara yang rutin dilakukan setiap tahun untuk Napak tilas para nenek moyang dalam perjuangannya babat desa (membangun desa).


Dihadiri oleh Kepala Desa (Kades) Jambangan, David Indra Kusuma,perangkat desa setempat, para sesepuh desa dan masyarakat sekitar, acara berlangsung sakral dan bermakna di petilasan atau punden Kedung Dagi, desa Jambangan.


Diawali dengan  doa bersama (mujdahan) yang kemudian dilanjutkan dengan selamatan serta gelar kesenian Jawa Tandakan atau biasa disebut juga dengan Tayuban, yang digelar di Punden Kedung Dagi,Desa Jambangan acara bersih desa berjalan dengan sakral dan bermakna.


Pelaksanaan bersih desa tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Jambangan, David Indra Kusuma bersama dengan perangkat desa, Babinsa, Babinkamtibmas,serta warga masyarakat desa Jambangan.


"Bersih desa ini merupakan cara kita melestarikan adat budaya nenek moyang yang mana setiap tahun, di bulan Suro mengadakan acara ini dengan harapan agar desa Jambangan menjadi desa yang lebih baik dan maju ke depannya", ungkapnya.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Jambangan, juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat dan perangkat desa setempat. Dimana telah bekerja sama dengan baik hingga pelaksanaan acara bersih desa dapat berjalan dengan lancar.


Selain itu, Kades Jambangan, David Indra Kusuma, juga mengharapkan agar dengan diadakannya bersih desa ini bisa menjadi tolak balak bagi desa Jambangan yang dipimpinnya. Sehingga desanya terhindar dari segala malapetaka dan kesusahan apapun.


")



Semoga dengan ini, desa kita Jambangan terhindar dari malapetaka dan bebaya apapun. Serta masyarakat senantiasa diberi kesehatan dan kelimpahan dalam bertani maupun pekerjaan lainnya", imbuhnya.(IK)




Post a Comment

0 Comments