-->

Author Details

IRSI JAyA.SH. Gelar Acara Syukuran Selesainya bangunan Aula Laskar Kuntau Semende LANTUM.

Friday, January 20, 2023, January 20, 2023 WIB Last Updated 2023-01-20T08:21:28Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Gunung Meraksa Radarmrahputih.com  pendiri laskar kuntau Semende, irsi jaya, gelar acara syukuran atas selesai nya  pembangunan aula laskar kuntau Semende. ( Lamtum)  di pekon gunung meraksa kecamatan pulau panggung kabupaten Tanggamus  kamis 19 Januari 2023. Di


Dalam sambutannya irsi jaya ucapkan terimakasih kepada segenap anggota laskar,kuntau yang sudah bahu membahu membangun aula ini secara bersama sama. 

Selain melestarikan seni budaya,juga berolahraga menunjang kesehatan dan meningkatkan stamina tubuh kita.

 .

Lanjut Irsi jaya kepada awak media saya merasa bertanggungung jawab untuk tetap menghidupkan melestarikan  seni-budaya semende terutama kuntau alias pecak silat kenapa harus  kuntau pisau duwe alias golok kembar, kuntau itu merupakan multi guna," antara lain memerlukan stamina yang betul-betul sehat kuat  juga bagian dari olahraga serta untuk membela diri imbuhnya.


Masih Irsi jaya yang mana selama berpuluh puluh tahun kesenian dan lain" adat semendo samasekali sirna bak di telan bumi. Nah pada waktu itu sdr kita ustadz "Wahid Zamas memegang tampuk organisasi keluarga besar batanghari sembilan ( KBBS ) kabupaten Tanggamus. Pringsewu masih kabupaten Tanggamus.


"Nah dengan berjalanya waktu ketua KBBS kabupaten  membentuk kepengurusan yang disebut Pimpinan kecamatan  yang berada di wilayah kabupaten Tanggamus.


Yang saya ketahui pada saat itu kira kira ditahun 2004- 2014 KBBS kecamatan pulaupanggung di nahodai oleh sdr kita Husni Munir sekretaris Sdr Juliadi bendahara sdr Agus Ciek dan rekan rekan masing" seksi dan bagian.di waktu deklarasi sambutan Husni Munir KBBS kecamatan pulau Panggung dengan moto KBBS santun dan berbudaya.


Kegiatan demi kegiatan organisasi KBBS pulaupanggung.yang pertama mehindupkan kembali Senin budaya antara lain bidang seni has semendo ya,itu tabuhan terbangan, dilanjutkan dengan pelatihan kuntau pisau due  atau pencak golok kembar.


Beranjak dari sanalah mulai terlihat ada kegiatan, ampak manten, penyambutan bupati serta pembukaan lomba rabana  kabuten diikuti  sekecamatan Tanggamus yang di adakan oleh Bunda Dewi Handajani di pekon pulaupanggung dan banyak lagi kegian lainya.


Berhubung sdr kita Husni Munir banyak kesibukan maka dilanjutkan oleh sdr Iriyadi wong Kito sampai saat ini. 

Mengingat perjuangan sdr"kita  terdahulu begitu gigihnya mengembangkan seni budaya peninggalan adat istiadat kita.


Kenapa tidak,saya terpanggil dan prihatin, takutnya punah kembali, saya siap mempertahankan dan tetap mengembangkan serta memajukan, seni-budaya dari leluhur kita yang masih banyak kesenian seni-budaya semende lainya harus di gali dan dihidupkan lagi papar guru besar sekaligus pendiri laskar kuntau Semende (Lantum) di wilayah Tanggamus hususnya dan Indonesia pada umumnya, imbuh anggota DPRD tanggamus.


( Tim )

Komentar

Tampilkan

Terkini