Polwan Polres Ngawi dilakukan Pengecekan Sikap Tampang dan Surat-surat

 



Ngawi, radarmerahputih.com - Sebagai salah satu lembaga penegak hukum di Indonesia, Polri menerapkan standar disiplin tinggi terhadap seluruh anggotanya. Termasuk Polisi Wanita yang juga merupakan bagian dari Polri, yang sering disebut Polwan. 


Penjabaran disiplin tidak hanya terbatas pada waktu dan pelaksanaan tugas tetapi juga sikap tampang dan penampilan dari personel itu sendiri. 


Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, melalui Plt Kasi Humas Iptu Dian mengatakan bahwa kegiatan tersebut digelar usai apel pagi di halaman Polres yang diikuti oleh seluruh Polwan Ngawi yang berjumlah 36 orang. Pemeriksaan atau pengecekan dilakukan oleh Kasipropam Polres Ngawi Iptu Joko bersama anggotanya. 


“Propam melakukan pengecekan absensi atau kehadiran seluruh anggota Polwan setelah apel pagi, pemeriksaan meliputi sikap tampang dan surat-surat,” tutur Iptu 

Dian ketika dikonfirmasi di halaman Polres Ngawi Presisi, Rabu (11/1/2023) 


Kasi Propam Polres Ngawi Polda Jatim Iptu Joko menyebutkan bahwa seluruh Polwan dilakukan pengecekan terlebih dahulu mulai dari kelengkapan identitas diri, surat-surat seperti KTA, SIM, STNK, surat ijin senjata api dan lain lain. Sikap tampang yang dicek meliputi rambut, jilbab, perhiasan yang dipakai, dan tata rias serta seragam polisinya harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


"Dalam penegakan disiplin, tidak ada pengecualian, semua harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, termasuk perhiasan yang dipakai Polwan juga tata riasnya," lanjut Iptu Joko 


Lebih lanjut Joko menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan secara acak sehingga Polwan tidak mengetahui secara pasti kapan dan dimana penegakkan disiplin dilakukan. Hal ini untuk menghindari rekayasa sehingga disiplin benar-benar terjaga, dan berangkat dari hati serta benar-benar diterapkan secara konsisten.


Tujuan utama dari Gaktibplin (penegakan ketertiban dispilin) ini adalah untuk menjaga dan meningkatkan disiplin anggota, menekan sekecil mungkin pelanggaran dan tentunya mewujudkan postur Polri yang Presisi sesuai dengan harapan masyarakat.


“Hasil Gaktibplin hari ini, tidak ditemukan Polwan yang melanggar ketentuan," tutup Kasipropam Polres Ngawi(ard)

Post a Comment

0 Comments