-->

Author Details

Upaya Cegah Kriminalitas Wilayah Barat, Kabag Ops Polres Tanggamus Pimpin Patroli

Tuesday, January 17, 2023, January 17, 2023 WIB Last Updated 2023-01-17T14:11:45Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Tanggamus Radarmerahputih.com Polres Tanggamus melaksanakan patroli antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah barat di pimpin oleh Kabag Ops AKP Sarwani, S.E., M.M., Selasa 17 Januari 2023.


Personel terlibat patroli tersebut yakni Kasat Samapta Polres Tanggamus AKP Budi Harto, S.H dan Kasi Propam Iptu Ujang Srikandi, bersama sejumlah perwira dan personel Sat Samapta.


Tim patroli tersebut juga bergabung dengan Kapolsek Wonosobo Iptu Juniko, S.H dan Kapolsek Semaka AKP Ketut Gister untuk dialogis kepada warga pengguna jalan, masyarakat dan aparatur pekon.


Kabag Ops AKP Sarwani mengungkapkan, pihaknya melaksanakan patroli gabungan antisipasi aksi Curas, Curat dan Curanmor (C3) khususnya di wilayah barat Tanggamus.


“Hari ini melaksanakan kegiatan rutin patroli gabungan dengan rute kecamatan kota agung, wonosobo, bandar negeri semong dan semaka,” kata AKP Sarwani mewakili Kapolres Tanggamus Polda Lampung AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K usai kegiatan.


Sambungnya, patroli tersebut juga dilakukan dengan dialogis kepada masyarakat dari luar wilayah yang istirahat serta warga di wilayah yang dilintasi tim gabungan tersebut.


“Dialogis tadi dilaksanakan di masjid imadudin, rumah-rumah warga dan balai pekon yang berada di pinggir jalan raya,” ujarnya.


Kabag mengaku, hasil dialogis tersebut diketahui masyarakat merasa senang dan terayomi, serta mereka berharap patroli terus ditingkatkan.


“Masyarakat meminta patroli terus ditingkatkan sebagai upaya pencegahan gangguan Kamtibmas,” tandasnya.


Atas kegiatan tersebut, Anas selaku petugas Masjid Imaduddin mengaku sangat bersyukur atas pelaksaan patroli tersebut sebab membuat masyarakat nyaman dan aman.


“Alhamdulillah, sekarang ini cukup aman, dengan kegiatan patroli besar seperti ini, mudah-mudah selalu aman dan nyaman di semaka ini,” kata Anas.


Baswan, warga Pesisir Barat yang juga mampir beristirahat di masjid Imaduddin hendak menuju Pringsewu menilai saat ini Jalinbar Semaka cukup aman dibanding waktu terdahulu.


“Yang saya tau sekarang aman. Patrolinya cukup bagus, harapannya agar patroli dilakukan ditempat-tempat sepi,” kata Baswan.


Warga Semaka, Kusairi mengaku cukup aman, namun memang pelaku kejahatan memanfaatkan kelengahan polisi maupun warga. Sehingga untuk itu dibutuhkan kerjasama yang baik dalam upaya pencegahannya.  


“Kalo kegiatan polisi cukup bagus, tapi ya itu tadi maling memanfaatkan kelemahan, sehingga ya harus bersama-sama, misalnya melalui Siskamling,” tegasnya.


Sekretaris Pekon Way Kerap, Neri Feliawati juga mengaku berterima kasih atas patroli Polres Tanggamus yang juga berkunjung ke kantor pekon.


“Untuk Bhabinkamtibmas memang sering patroli wilayah sini, untuk dari Polres ini ya sangat bagus guna terciptanya semaka yang aman,” kata Neli Feliawati.


Menurutnya, bahwa memang ada tempat-tempat tertentu yang rawan kejahatan seperti tempat sepi, sehingga ia berharap terus dilakukannya patroli serupa.


“Yang sering terjadi jalan-jalan yang sepi, diharapkan sering patroli ditempat sepi tersebut,” ujarnya.


Kepada warganya, Neli juga mengimbau dan mengajak bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif untuk menjaga lingkungan dengan Siskamling, tidak memakai perhiasan yang mencolok, tidak Narkoba dan hindari minuman keras.


“Kepada warga khususnya Way Kerap,   mari tingkatkakan Siskamling, apabila keluar rumah tidak memakai perhiasan mencolok, hindari Narkoba dan minuman keras,” imbaunya. 


( Husni Munir )

Komentar

Tampilkan

Terkini