Aksi Heroik Bhabinkamtibmas Polres Magetan, Gagalkan Emak-emak Yang Hendak Akhiri Hidup*

 



Magetan, radarmerahputih.com – Seorang Anggota Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang bertugas di Desa Dadi Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan, Jawa Timur menggagalkan emak-emak yang hendak mengakhiri hidupnya,


Adalah Aipda Yudhi Hariyono yang menggagalkan aksi nekat emak-emak berinisial "SG"(40) warga Dusun Ngwolo desa setempat. 

Awalnya Aipda Yudhi mendapatkan informasi dari kepala dusun Ngwolo bahwa ada warga yang hendak berbuat nekat mengakhiri hidupnya,Senin (13/3/2023).


Dia bergegas menuju rumah "SG" dan mendapati jika "SG" sudah naik ke kandang setinggi tiga meter dan telah mengalungkan tali tambang dan siap hendak melompat. Yudhi segera membujuk, merayu "SG" agar tenang dan mau turun serta mencurahkan isi hatinya (curhat) padanya.


“Kira-kira sekitar 20 menit berdialog. Akhirnya, tali yang melingkar pada lehernya ibu-ibu itu sudah mau untuk dilepas, segera saya ikut naik membujuk supaya mau turun. Setelah mau dan turun kemudian dia saya minta curhat ke kami, apa yang sebenarnya menjadi masalah di keluarganya,” kata Aipda Yudhi saat ditemui di Polsek Plaosan, Senin (13/3/2023).


Setelah mau bercerita, rupanya ada masalah keluarga yang bermula dari faktor ekonomi,  Saat kejadian suami "SG" sedang tidak di rumah, bekerja dan tidak tahu kejadiannya. Demikian pula putra semata wayang mereka tengah bekerja di Kalimantan. 

Sementara, "SG" di rumah bersama ibu mertuanya yang disinyalir hubungan tidak baik-baik aja

“,Saat ini yang bersangkutan sudah bisa tenang dan kondisinya sudah agak stabil. Namun, kami tetap pantau perkembangan psikologi nya” katanya.


Terpisah, Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan, melalui Kasi Humas AKP Budi Kuncahyo membenarkan jika salah satu anggota Bhabinkamtibmas Polres Magetan yang bertugas di wilayah Desa Dadi, Plaosan berhasil menggagalkan emak-emak yang hendak gantung diri.


“Dengan upaya yang juga tetap mengutamakan keselamatan, anggota bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa Dadi berhasil menggagalkan warga yang hendak gantung diri. 

Setelah dibujuk rayu akhirnya mau turun dan menceritakan keluhan yang dialaminya. Saat ini sudah membaik kondisinya,” kata Kuncahyo.


Dia mengimbau agar masyarakat selalu memperhatikan kondisi keluarganya. Sekiranya, bagi yang merasa ada uneg-uneg agar bisa terbuka menceritakan kondisinya pada anggota keluarga yang lain agar bisa terhindar dari upaya bunuh diri.(Hum/ik)

Post a Comment

0 Comments