Lestarikan Adat Budaya, Pemdes Pingkuk Adakan Slametan dan Langen Beksan.

 



Magetan, radarmerahputih.com - Sebagai upaya melestarikan tradisi budaya yang telah diwariskan para leluhur atau nenek moyang, Pemerintah Desa (Pemdes) Pingkuk, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan menggelar bersih desa, Jumat Pon (25/08/2023).


Ritual bersih desa merupakan adat budaya yang turun temurun dilakukan setiap tahun oleh para pemangku jabatan di Desa Pingkuk. Bersih desa dilakukan sebagai wujud penghargaan atas perjuangan para leluhur yang telah berjuang sehingga Desa Pingkuk ada hingga sekarang.


Bersih desa dihadiri langsung oleh Kepala Desa (Kades) Pingkuk, Ajis Santoso, para perangkat desa, dan masyarakat yang berada di sekitar. Juga tidak lupa pemuka agama dan tokoh masyarakat yang dituakan.


Acara yang berada di petilasan atau biasa disebut Punden Banjar oleh warga sekitar ini berlangsung sangat hikmat dan sakral.

Dimulai dengan doa pada malam hari, kemudian dilanjutkan dengan selamatan serta gelar kesenian Jawa Langen Beksan atau biasa disebut juga dengan Tayuban.


“Bersih desa ini merupakan cara kita melestarikan adat budaya nenek moyang yang mana setiap tahun mengadakan acara ini dengan harapan agar Desa Pingkuk menjadi desa yang lebih baik dan maju ke depannya,” ujar Ajis.


Kades juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat dan perangkat desa setempat. Karena telah bekerja sama dengan baik, sehingga pelaksanaan acara bersih desa dapat berjalan dengan lancar.


Ajis Santoso berharap, dengan diadakannya bersih desa secara rutin setiap tahun ini bisa menjadi tolak balak bagi Desa Pingkuk yang dipimpinnya. Sehingga desanya terhindar dari segala malapetaka dan juga pagebluk.


“Semoga dengan ini, desa kita Pingkuk terhindar dari malapetaka dan bebaya apapun. Serta masyarakat senantiasa diberi kesehatan dan kelimpahan dalam bertani maupun pekerjaan lainnya," tutupnya. (ik)

Post a Comment

0 Comments