Dengan Tema Unjuk Potensi, Raih Prestasi. Jambore OPOP 2023 Digelar Di Kota Pasuruan Bersama Gubernur Jatim

 


Pasuruan - radarmerahputih.com-Gebyar Jambore OPOP ( Program One Pesantren Product ) Tahun 2023 penyelenggara Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Pemprov Jatim di GOR Untung Suropati, Jl. Sultan Agung -Kota Pasuruan, Rabu ( 29 November 2023 ) malam.


Dalam sambutannya, Wali Kota Pasuruan, H Saifullah Yusuf mengatakan bahwa program OPOP Jatim ini merupakan salah satu program prioritas Pemprov dengan tujuan meningkatkan Kesejahteraan masyarakat berbasis Persantren dengan berjalan melalui pemberdayaan pesantren, pemberdayaan santri dan alumni pesantren.


" Dalam program OPOP pesantren ini harus memiliki leader atau pemimpin yang mampu melaksanakan program tersebut, Pemimpin yang identik dengan seorang CEO yang mampu menjalan sistim manajemen Pesantren dengan profesional, efesien dan efektif ", ungkap Gus Ipul dalam sambutannya.



Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa kegiatan On Pesantren On Prodack, ini merupakan potensi yang luar biasa, salah satunya untuk internal Pesantren saja. dari kebutuhan - kebutuhan Santri dikonsolidasikan diantara Pesantren - Pesantren terdekat ada gudang yang mumpungi pasti proses distribusi internal antar Pesatren itu luar biasa.


" berjalan dengan proses yang panjang. makanya tadi itu ada salah satu penghargaan kepada pelaku OPOP dari berbagai Pesantren, Jadi puncaknya dari proses yang sudah dilakukan selama setahun ini. Nah, sekarang internal tapi eksternal, banyak sekali Pesantren yang memiliki daya dukung alam dan lingkungan yang mungkin ditumbuh kembangkan dari mulai misalnya daun tales yang sekarang sudah di eksport ke Jepan dan Australi,  yang eksportnya cukup besar itu dari Nganjuk ".


" Dan saya sudah ke sana, daun tales yang di rajang, kemudian Mojokerto dan Jombang juga sudah di eksport dengan tujuan sama, kemudian OPOP Sumenep itu sudah eksport ke Jerman berupa daun kelor yang sudah beragam hilirisasinya, jadi ada yang berbentuk kapsul, ada yang cair dan seterusnya ", ungkap Khofifah.


Khofifah juga menjelaskan bahwa kekuatan alam kita itu memungkinkan bisa dilakukan proses bentuk hilirisasi yang marketnya ternyata luar biasa, lain lagi misalnya ada minuman kopi, dari Annur II misalnya. " Kapan hari saya memberangkatkan ke Malaysia senilai 10 Milliar, ini katanya sudah setiap 2 Minggu sekali ada permintaan yang cukup besar ".


" Jadi kalau ditelateni ituluar biasa, belum lagi komunel branding. Komunel brending itu kopi yang sudah satu bren, karena kalau permintaan besar gak nutut, kalau hanya mengandalkan produk sidiarea mereka, jadi ini ada kare Madiun, Wonosalam dan juga Jember yang sudah komunel brending ", jelasnya .


Selain itu, masih menurut Khofifah, dirinya melepas 200 ton ke Mesir, jadi varian produknya luar biasa dengan sering melakukan temu prodak, temu pikiran, temu harapan dan temu cita - cita Insya'allah OPOP ini akan ketemu format yang lebih produktif lagi kedepannya. 



" Dan untuk saat ini kita sudah melebihi target, targetnya 2024 itu 1000 wirausahawan santri - Satri putri, tapi kemarin bulan Juli sudah 1000, sekarang mungkin sudah 1400 an. Jadi target 2024 sudah terlampaui di 2023 ini ", tambahnya.


Perlu diketahui bersama bahwa kegiatan Jambore OPOP Thun 2023 yang di gelar di Kota Pasuruan ini selain di hadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur ( Jatim ), Hj Khofifah Indar Parawansa, Jambore OPOP di Kota Pasuruan juga dihadiri Wali Kota Pasuruan beserta Ketua Penggerak PKK, Wakil Wali Kota beserta Wakil Ketua Penggerak PKK, Forkopimda ( Forum Kordinasi Pimpinan Daerah ) Kota Pasuruan, jajaran OPD Pemkot Pasuruan, jajaran OPD Provinsi Jawa Timur, Pengurus / Pengasuh Pondok Pesantren Dan Santri serta Santri Wati Pasuruan. (Syah/ADV)

Post a Comment

0 Comments