30 Kades Terpilih Sah Dilantik Untuk Masa Jabatan 2023-2029.

 


MAGETAN,- Pemerintah Kabupaten Magetan sukses menggelar acara pengambilan sumpah dan pelantikan Kepala Desa terpilih melalui E-voting, Rabu (20/12/2023).


Bertempat di Pendopo Surya Graha Kabupaten Magetan, sebanyak 30 Kades telah dilantik yang dipimpin langsung oleh PJ Bupati Magetan, Hergunadi untuk masa jabatan 2023-2029.


Sebagai ujung tombak kepemimpinan tingkat desa diharapkan Kades yang baru dilantik mampu bersinergi dengan pimpinan daerah, provinsi maupun pusat dan mampu mengemban tugasnya untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.


"Saya ucapkan selamat kepada Kades terpilih yang dilantik hari ini, semoga dapat menjalankan tugasnya dengan baik untuk kepentingan masyarakat," tutur Hergunadi.


PJ Bupati Magetan dalam sambutannya menekankan pentingnya peran Kepala Desa dalam menjalankan roda pemerintahan tingkat desa. Hergunadi menegaskan bahwa tujuan utama yang harus dicapai dalam adalah mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui inovasi-inovasi baru demi terciptanya peningkatan ekonomi masyarakat sehingga secara langsung akan meningkatkan kesejahteraan.


"Kami berharap agar para Kepala Desa dapat menghasilkan program-program inovatif yang berjalan sesuai dengan undang-undang dan aturan yang berlaku, sehingga tidak hanya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, tetapi juga memberikan solusi bagi berbagai permasalahan di wilayahnya masing-masing," ujarnya.


Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Magetan, Eko Muryanto menambahkan, bahwa Kepala Desa yang baru saja dilantik agar segera beradaptasi dengan pemerintah karena masih banyak program yang harus segera disinergikan.


"Jadi setelah hari ini mereka (Kades) harus melakukan penyesuaian spesimen, karena masih ada dua hari untuk melakukan penyerapan anggaran," jelas Eko.


Selain itu pihak Dinas PMD akan melakukan pembinaan bagi 30 Kades yang telah dilantik karena 2/3 dari jumlah Kades merupakan Kades baru yang perlu bimbingan untuk penyesuaian.


Di akhir wawancara Eko Muryanto menyampaikan pesan kepada Kades yang baru untuk tetap menjaga kondusifitas di masyarakat dalam merayakan pelantikan mereka.


"Tolong tidak euforia berlebihan ya. Ini masanya masa berbeda, laksanakan tugas dengan baik. Kalau mau tasyakuran dan lain lain silakan, tapi jangan berlebihan, semuanya harus menjadi pemimpin di level desa,” pungkasnya.

Post a Comment

0 Comments