Wujudkan Program Groundbreking, Perum Perhutani KPH Pasuruan Tanam Bibit Pinus Merkussi.

 



Radarmerahputih.com - Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan melaksanakan kegiatan Groundbreaking Tanaman Tahun 2023.

Total luas tanaman KPH Pasuruan 127,05 Ha. Dengan bibit yang akan ditanam sebanyak 252.117 pohon.

Dilanjutkan pada tahun 2024 mendatang akan diawali pada Petak 7B-2 dengan luas tanaman 1,50 Hektar dengan jumlah bibit pinus merkussii yang ditanam sebanyak 800 pohon.

Secara simbolis penanaman bibit jenis pinus merkussi yang dilaksanakan pada hari Kamis ( 21/12/2023) ditanam oleh pejabat dan pegawai gabungan dari Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gerbo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawang timur, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan, wilayah tersebut masuk dalam administratif pemerintahan Desa Dawuhan sengon Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. 

Diinformasikan bahwa implementasi kegiatan program Groundbreaking tanaman pada tahun 2023 di wilayah Perum Perhutani dipimpin oleh Administratur KKPH Pasuruan, Aki Leander Lumme, diikuti oleh Waka Adm/KSKPH, Rudi Hartono, segenap Kepala Seksi, Asper/KBKPH, KSS, KRPH, Mandor Tanan dalam wilayah KPH Pasuruan 

Pada rangkaian acara dilaksanakan seremonial penanaman bibit Pinus merkussi oleh Administratur, Wakil Administratur, Segenap Kasi, Asper/KBKPH dan segenap Undangan yang dihadiri Kepala Desa serta Perangkat, POKMAS, TOMAS, dan LMDH setempat.


Dalam sambutannya Aki Leander Lumme menyampaikan bahwa acara ini bukan sekedar seremonial namun harus ada komitmen kita bersama untuk sukses tanaman tahun 2023, disampaikan juga bahwa tanaman disekitar lokasi tumbuh cukup baik dan merupakan tanaman pendahulu yang harus dijaga dan bisa membuktikan bahwa kita mampu membuat tanaman lebih bagus dengan berpedoman kepada tata waktu yang tepat.


Sementara itu Kepala Seksi Pembinaan Hutan  Priyo Susilo menyampaikan tata cara penanaman yang baik, diawali pemilihan bibit yang siap tanam batang berkayu, tinggi 30 Cm, lubang tanaman 30 X 30 Cm, di kasi pupuk kandang 3 hari sebelum tanam, pelaksanaan tanaman kantong plastik dipadatkan atau diremas agar tidak kepyar saat di tanam, kemudian bibit ditanam dengan di urug top soil. ucapnya. 

( Ihwn ) .

Post a Comment

0 Comments