Dinsos Nganjuk Laksanakan Operasi Katarak Dalam Rangka Peringati Hari Lanjut Usia .

 


Nganjuk ,radarmerahputih.com - Dalam rangka peringati Hari Lanjut Usia tahun 2024 , Dinas Sosial Nganjuk PPPA Laksanakan kegiatan Operasi Katarak di RSD Nganjuk  secara gratis kepada masyarakat Nganjuk yang sudah lanjut usia sebanyak 74 orang ,dan lolos Screening .



Dari 300 orang lebih penerima manfaat yang berasal dari DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, sebanyak 74 orang lolos screening kesehatan dan bisa dilayani untuk mendapatkan layanan operasi katarak secara gratis. 

     ( Darmantono kepala Dinas Sosial PPPA Nganjuk ) 

“Dari skrining dapat dilihat apakah kondisi kesehatan pasien mendukung untuk dilakukan tindakan operasi. Apabila hasilnya baik, maka lanjut untuk tindakan operasi,” jelas Darmantono, Kepala Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk saat melaporkan kegiatan bakti sosial tersebut dihadapan Pj. Bupati Nganjuk dan tamu undangan lain, pada Sabtu (25/05/2024) pagi.


 Darmantono juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh Sentra Terpadu Kartini di Temanggung dengan perhimpunan dokter spesialis mata  Indonesia ( Perdami ) Jawa timur RSD Nganjuk , Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial PPPA 



Dikegiatan yang sama Margowiyono, Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung menyampaikan bahwa pihaknya tidak membatasi berapa jumlah peserta operasi katarak, namun karena memang harus melalui screening terlebih dahulu maka hanya beberapa saja yang berhak mendapatkan layanan operasi katarak gratis. 


“Memang masih banyak yang membutuhkan layanan operasi katarak, dan perlu diketahui penyebab utama katarak adalah proses degenerasi akibat penuaan,dan atau stres diri ” ungkap Margowiyono.


Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari lanjut usia tahun 2024 . Dn untuk tahun ini puncaknya ada di Aceh Lhoksukun , dan di kabupaten Nganjuk pada hari ini juga melaksanakannya , 



Dan sebetulnya untuk peserta operasi katarak ini dikhususkan untuk para penerima manfaat yang sudah terdaftar di DTKS . Dengan jumlah calon peserta memang banyak , namun karena harus lolos screening yang dan mereka yang bener bener sesuai dengan persyaratan yang ada , 


Semoga dengan program ini , masyarakat Nganjuk bis terbebas dari penyakit katarak .

( Rdks / sw).

Post a Comment

0 Comments