Jembatan Kali Makah Bermanfaat Untuk Masyarakat

 

   ( Jembatan siap dilewati masyarakat ) 


Tulungagung , radarmerahputih.com - Jembatan merupakan bangunan sebagai  jalan penghubung antara satu tempat ke tempat lain,  dimana pembuatannya bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat.


Disisi lain terdapat manfaat dari segi ekonomi bagi masyarakat setempat seperti berikut:


1, Meningkatkan laju atau pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.


2,Munculnya aktivitas ekonomi dalam bentuk pengiriman barang dan jasa diantara dua tempat yang dihubungkan oleh jembatan tersebut.



3,Adanya kendaraan angkutan penumpang yang melintasi jembatan dengan jarak tempuh yang lebih dekat.


4, Adanya aktivitas ekonomi berupa jasa tempat peristirahatan dan penjualan barang khas daerah tertentu pada titik stategis penjualan.


Desa Sanan  kecamatan Pakel kabupaten  Tulungagung,  adalah salah satu desa yang di tengahnya terbelah oleh aliran sungai. Oleh karena itu pembangunan jembatan penghubung di rasakan sangat penting untuk dapat mempermudah akses masyarakat dusun karangan RT/ RW 02/02 yang terpisah oleh sungai. Sehingga warga kesulitan untuk dapat mengakses antar wilayah tersebut. 

      ( Saat proses pengerjaan jembatan ) 


Dalam penyampaian Sujianto S,E kepala desa Sanan kepada Pemerintahan desa lewat Musyawarah Desa (MUSDES)  warga masyarakat menyepakati untuk dilaksanakannya pembangunan jembatan penghubung antara RT. 02 RW  02  yang ada di dusun karangan . Dari dasar keputusan MUSDES tersebut di laksanakanlah pembangunan jembatan penghubung tersebut.


Pembangunan jembatan didanai dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2024 dengan biaya sebesar  Rp. 15.000.000,-. Dalam proses pembangunannya Jembatan yang memiliki panjang 2,5 meter dan lebar 3,30 meter  dikerjakan dengan swakelola yang melibatkan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Sanan ,  Dalam fungsinya jembatan ini memang di desain untuk dilewati pejalan kaki,  sepeda dan kendaran roda 2 atau roda 3, tidak bisa di lewati kendaraan roda 4.

           ( Sebelum dikerjakan ) 



Sujianto S,E Kepala Desa Sanan kecamatan Pakel kabupaten Tulungagung  ketika  ditemui di lokasi jembatan mengatakan, "Dengan selesainya pembangunan jembatan ini masyarakat desa menjadi mudah untuk ke sawah. Khususnya RT. 02 dan RT. 02 ,Saya berharap warga masyarakat dapat turut serta menjaga bersama-sama". Rabu (26/5/2024).


(anggono ) 

Post a Comment

0 Comments