Pj Bupati Nganjuk meninjau kesiapan logistik KPUD dalam pelaksanaan Pilbup 2018. - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Monday, May 28, 2018

Pj Bupati Nganjuk meninjau kesiapan logistik KPUD dalam pelaksanaan Pilbup 2018.




Nganjuk  Radar  MP  -
Kurang dari satu bulan, penyelenggaraan pemungutan suara dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Nganjuk 2018 akan dilaksanakan. Persiapan demi persiapan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nganjuk pun hampir mendekati final. Karena itu, Senin (28/5) Pj. Bupati Nganjuk Drs. Sudjono, MM., meninjau kesiapan KPU dalam menyelenggarakan Pilbup Nganjuk ini.

Ditemui oleh Ketua KPU Nganjuk M. Agus Rahman Hakim, SH., di Kantor KPU Nganjuk, Pj. Bupati memantau kesiapan logistik.

Ketua KPU mengatakan, untuk keperluan logistik sudah siap. “Semua sudah siap mulai dari perlengkapan pemungutan suara seperti kotak suara, surat suara hingga tinta, dan dukungan perlengkapan pemungutan seperti formulir dan ATK,” terang M. Agus Rahman Hakim, SH. Pendistribusiannya sendiri akan dilaksanakan pada H-3. “Kita akan distribusikan ke kecamatan-kecamatan di H-3,” jelas M. Agus Rahman Hakim, SH.

Mendengar ini pak Jono menyampaikan agar semua anggota KPU terus fokus mempersiapkan pemilu ini. “Semua dipersiapkan termasuk antisipasi adanya gangguan dan ancaman, atau hal lain yang bisa saja mengganggu terselenggaranya pemilu ini,” ujarnya. Ia juga berharap agar pemilu ini bisa terselenggara dengan aman tertib dan lancar.

Bicara  tentang Daftar Pemilih Tetap (DPT), berdasarkan rapat pleno yang digelar KPU Nganjuk (19/4), KPU menetapkan sebanyak 848.657 sebagai DPT untuk Pilgub Jatim dan Pilbup Nganjuk 2018. Jumlah ini masih bisa bertambah mengingat adanya Daftar Pemilih Pemula. “Untuk pemilih pemula, akan dihitung hingga h-2, ini artinya mereka yang menginjak umur 17 pada tanggal 25 Juni nanti berkesempatan memberikan suaranya,” tambah M. Agus Rahman Hakim, SH.

Data pemilih pemula itu sendiri akan disinkronkan dengan data yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil)  Kabupaten Nganjuk

Di kegiatan dan hari yang  sama pak Jono pun langsung meluncur ke Kantor Dispendukcapil untuk memastikannya.

Ditemui oleh Kepala Dispendukcapil Zabanudin, SH,  pwk Jono juga berkeliling ke ruang pelayanan, perekaman, dan front office. “Perekaman online, setelah rekaman dibuatkan Surat Keterangan Perekaman (SKP), data ini sudah sinkron dengan KPU,” terang Zabbanudin, SH.


Usai mengunjungi dua kantor tersebut, pak Jono juga menyempatkan untuk berkunjung ke Dinas Perindustrian Perdagangan  (Disperindag)  dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Saat di Kantor Disperindag , pak Jono  berbincang dengan Kepala Disperindakop Dra. Rr.Heni Rochtanti,MM. Perbincangan ini membahas rencana operasi pasar. “Kami telah mempersiapkan pelaksanaan operasi pasar, hal ini dimaksudkan untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok selama Bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri,” terang Heni.

Sedangkan di Dinas Perhubungan, Pj. Bupati memantau kesiapan mudik lebaran dengan bertanya langsung kepada Kepala Dishub Drs. Nur Solekan, M.Si. (adv/siwi).