Pj .Bupati Nganjuk Secara Simbolis Melepas Calon Jamaah Haji Tahun




Nganjuk,Radar MP - Kurang lebih 765 calon jamaah haji hadir di Pendopo Kabupaten Nganjuk untuk menerima bimbingan.Rabu,25 Juli 2018.

Dalam kesempatan ini Pj.Bupati Nganjuk,Drs.Sudjono,MM membuka langsung acara  Bimbingan manasik haji dan pelepasan calon jamaah Haji yang berasal dari Nganjuk sekaligus melakukan pelepasan calon jamaah Haji secara simbolis.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Nganjuk,Drs. H. Barozi,MM dalam laporannya mengatakan," sebanyak 765 calon jamaah haji dari Kabupaten Nganjuk akan diberangkatkan dalam dua kloter," jelasnya

Masih kata Barozi, "Kloter pertama (kloter 59) akan berangkat tanggal 5 Agustus, sedangkan kloter kedua (kloter 62) berangkat pada 7 Agustus 2018,” terangnya.

 Pemberangkatan pada kloter 59 ada 445 calon jamaah, sedangkan pada kloter 62 ada 320 jamaah (5 jamaah dari luar Nganjuk). Sedangkan rincian laki-laki dan perempuan, yakni ada 345 jamaah laki-laki, dan 425 jamaah perempuan.

Pelepasan dilakukan oleh Pj. Bupati Nganjuk Drs. Sudjono, MM., didampingi oleh Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Drs. H. Barozi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Lis Nurhayati, SH., M.Si., Paman Polres Nganjuk AKBP Damin, dan Kasi Pembinaan Kejaksaan Negeri Nganjuk Budi Santoso, SH. Pelepasan dilakukan secara simbolis dengan pengalungan surban oleh Pj. Bupati Nganjuk kepada dua perwakilan Calon Jamaah Haji tertua dan termuda. Perwakilan tersebut adalah Supilah (88 tahun) dan Amara Husna Yonda (19 tahun).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Nganjuk Drs. Sudjono.,MM., mengucap syukur kepada Allah SWT., karena sebanyak 765 jamaah haji asal Nganjuk bisa berangkat.

Lebih lanjut kata Djono,"Alhamdulilah.. ini luar biasa, Haji merupakan rukun Islam yang ke lima, wajib bagi yang mampu, dan 765 warga Nganjuk mampu berangkat ke tanah suci tahun ini, semoga menjadi Haji yang mabrur, ingat untuk selalu utamakan kesehatan,” ungkapnya.

Rangkaian acara dari awal hingga akhir  diitutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh KH. Asfiyak Hamida. Kemudian para jamaah menerima bimbingan dan pembekalan ibadah haji yang disampaikan oleh Imam S. dari Kemenag Kabupaten Nganjuk.(siwi)

Post a Comment

0 Comments