Kodim 0810/Nganjuk Hadiahkan "Peluru" dalam Lomba Hadrah


Nganjuk,Radar MP - Bertempat di Gedung Wanita Jl Yos Soedarso Nganjuk Sekitar 23 peserta Group Hadrah pada tingkat SMA, SMK, Madarasah Aliyah dan Pondok Pesantren  mengikuti lomba hadrah yang diselenggarakan oleh Kodim 0810/Nganjuk. Rabu,1/8/2018.

Selain lomba hadrah,dalam rangka komunikasi sosial kreatif Kodim 0810/Nganjuk juga menyelenggarakan lomba melukis  yang rencananya dilaksanakan pada hari Kamis 2 Agustus 2018.

Menurut Komandan Kodim 0810/Nganjuk, Letkol Arh. Sri Rusyono, lomba hadrah ini digelar di seluruh Kodim di Indonesia, dengan menyediakan berbagai hadiah, termasuk hadiah peluru. “Ya, untuk hadiah lomba hadrah ini, ada ciri khas dari TNI AD yaitu peluru, tapi bukan peluru beneran. Dan uang pembinaan serta Piagam,” ucapnya.

Selain itu lomba hadrah dimaksud juga untuk menggali lagi potensi budaya, meskipun musik hadrah ini bukan asli dari Indonesia, tapi perkembangannya musik hadrah sangat tenar, seiring perkembangan walisongo.”Dan itu sangat mengispirasi perkembangan islam di Indonesia,” terangnya.

Untuk itu generasi muda diharapkan bisa memainkan dan mengembangkan musik hadrah, karena musik ini merupakan musik religius, yaitu musik puji-pujian kepada Allah SWT dan Nabi besar Muhammad SAW, dimana masyarakat Indonesia sebagian besar beragama islam. Dan agar musik hadrah ini tidak hanya dimainkan dilingkup madarasah dan pesantren saja, dan kita berupaya bagaimana supaya musik hadrah ini bisa tenar di masyarakat umum. “Maka dari itu kita gelar kegiatan lomba hadrah ini,” paparnya.

Diakhir lomba hadrah dan melukis, Kodim 0810/Nganjuk dengan tema ‘Melalui Kemanunggalan TNI-Rakyat Kita Wujudkan Cegah Tangkal Radikalisme’ ini diharapkan dapat memberi pemahaman tentang paham radikalisme dan upaya menangkal radikalisme. “Bahwa musik hadrah ini ada ciri budaya dan pada dasarnya radikalisme itu sangat anti dengan budaya,” pungkasnya.(red)

Post a Comment

0 Comments