Dinas Tananman Pangan Hortikultura, Giat Sosialisasi Tekankan Hasil Panen Lebih Baik. - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, January 1, 2019

Dinas Tananman Pangan Hortikultura, Giat Sosialisasi Tekankan Hasil Panen Lebih Baik.



Magetan. Radar MP- Bertempat di Aula Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Magetan , giat sosialisasi  bersama seluruh Petugas Penyuluh , (26/12/2018).
Untuk mendapatkan hasil panen yang lebih baik,  perlu adanya ketelatenan dan kesabaran para petani dalam mengolah tanah dan merawat tanaman.

Di Kabupaten Magetan banyak daerah yang mempunyai hasil panen yang bisa menjadi produk unggulan,  dan bisa disajikan keluar daerah.

Pembangunan ketahanan pangan di Kabupaten Magetan dipandang sebagai
bagian tidak terlepaskan dari pembangunan ketahanan pangan Jawa Timur dan akan terus berupaya memacu pembangunan ketahanan pangan melalui program-program yang benar-benar mampu memperkokoh ketahanan pangan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sektor pertanian khususnya tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan di
Kabupaten Magetan berperan besar dalam rangka penyediaan pangan untuk
mendukung ketahanan pangan lokal maupun nasional dalam memenuhi hak atas pangan (the right to food). Selain itu juga mempunyai peranan penting dalam
mewujudkan pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan khususnya
petani.

Sektor pertanian masih memiliki potensi untuk ditingkatkan apabila berhasil
menangani kendala-kendala yang meliputi produktivitas  efisiensi usaha, konversi
lahan pertanian, keterbatasan sarana dan prasarana pertanian, serta terbatasnya
kredit dan infrastruktur pertanian. Secara khusus sarana dan prasarana pertanian
dan sumber daya dibidang pertanian belum sepenuhnya dimanfaatkan secara
optimal.

Oleh karena itu Ir.  Edy selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan terus menggenjot semua petugas penyuluh untuk selalu memberikan penyuluhan dan memberikan wawasan kepada para petani,  semua ini semata mata agar para petani bisa menikmati hasil panen lebih baik lagi.

Pemanfaatan lahan kosong disekitar rumah juga perlu digalakkan , melalui program KRPL di Kabupaten Magetan ini kedepan akan kita terapkan,  dan masing masing desa diharapkan bisa menyediakan lahan , melalui polibek atu pot yang bisa digunakan sebagai medan untuk menanam tanaman sayur,  seperti lombok,  terong , bayam,  kangkung,  tomat , brokoli dll.(iwan)