Wakil DPRD Nganjuk,Sumardi,S.H Harapkan RKPD 2020 Optimalisasi Pembangunan - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Saturday, March 23, 2019

Wakil DPRD Nganjuk,Sumardi,S.H Harapkan RKPD 2020 Optimalisasi Pembangunan




Nganjuk,Radar MP- Dalam Rangka Penyusunan Rancana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nganjuk Tahun 2020   Bupati H.Novi Rahman Hidayat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Tahun 2019 di Pendopo Kabupaten Nganjuk.Rabu, 20/03/2019.

Bupati Novi memaparkan bahwa Pemerintah Kabupaten Nganjuk menekankan tiga prioritas pembangunan menuju Kabupaten Nganjuk maju dan bermartabat, yaitu pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia yang berkualitas dan kemandirian ekonomi.

Lebih lanjut ,Mas Novi nama panggilan akrabnya menyampaikan bahwa pembangunan tol yang diresmikan presiden RI beberapa waktu yang lalu di Kabupaten Nganjuk memiliki dampak yang sangat luar biasa, apalagi Kabupaten Nganjuk dari sekian banyak kabupaten selain Surabaya merupakan satu-satunya kabupaten yang memiliki daya tarik tersendiri.

Sementara itu,sambutan Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Drs Puji Santoso yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Sumardi,S.H mengatakan Musrenbang ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan pembangunan.

Masih menurut Sumardi,S.H ,"Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang disusun berdasarkan kesepakatan hasil Musrenbang ini akan menjadi bahan untuk penyusunan kebijakan anggaran pada rancangan APBD Kabupaten Nganjuk Tahun Anggaran 2020,"tandasnya.

“Isu tentang kemiskinan masih menjadi domain dalam berbagai aspek pembangunan,oleh sebab itu,hal ini diperlukan adanya komitmen yang kuat dari berbagai stakeholder dalam rangka peningkatan kinerja program pengentasan kemiskinan melalui pembangunan pertanian yang didukung sinergitas antar sektor,”pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BAPPEDA Kabupaten Nganjuk, Drs.Gunawan Widagdo,M.Si mengatakan bahwa  musrenbang ini terdapat sidang kelompok yang terbagi menjadi 3 kelompok masing-masing bertempat di ruang Anjuk Ladang, ruang Candi Lor dan ruang rapat PKK.

Menurut Gunawan, peserta musrenbang ini terdiri atas instansi vertikal di Kabupaten Nganjuk, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Nganjuk, anggota DPRD Nganjuk,Camat beserta delegasi kecamatan, LSM, Ormas, organisasi profesi, organisasi pemuda, organisasi wanita, PKK dan perguruan tinggi di Kabupaten Nganjuk, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Dalam  pelaksanaan musrenbang dilanjutkan dengan acara diskusi kelompok teknis.

,"antara lain,Kelompok 1, bidang infrastruktur bertempat di ruang rapat Candi Lor, kelompok 2 bidang pembangunan ekonomi dan sumber daya manusia bertempat di ruang rapat Anjuk Ladang dan kelompok 3 bidang reformasi birokrasi dan pemerintahan di ruang rapat PKK,”ungkap Gunawan.

Selanjutnya,Gunawan mengatakan bahwa dari hasil musyawarah perencanaan pembangunan di tingkat kecamatan ditambah dengan hasil reses DPRD sebagai bahan forum OPD usulan sebesar Rp 1.666.270.345.000.

“Jumlah terbesar adalah usulan bidang infrastruktur dengan nilai Rp 769 miliar lebih, bidang kesehatan dengan nilai Rp 383 miliar lebih  dan bidang pendidikan dengan nilai Rp 250 miliar lebih,”pungkas Gunawan.(Adv/hum/siwi)