HUT Pramuka 2019, Ini Makna Lambang Pramuka Tunas Kelapa - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, August 13, 2019

HUT Pramuka 2019, Ini Makna Lambang Pramuka Tunas Kelapa


Oleh : Moh kholil al faruq SH,M.PdI

.Jakarta - Tepat hari ini, 14 Agustus 2019, hari ulang tahun Pramuka yang ke 58 tahun. Hari pramuka terbentuk pada tanggal 14 Agustus 1961. Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Kegiatan pramuka ini sering diikuti oleh siswa di sekolah sebagai kegiatan tambahan atau ekstrakulikuler.
Di Indonesia, Pramuka dibentuk oleh Presiden Soekarno. Ia memerintahkan penggabungan organisasi kepanduan sebagai upaya menyatukan organisasi gerakan pemuda yang ada di seluruh Indonesia, hingga saat ini.

Lambang Pramuka berupa silhouette dari Tunas Kelapa. Itu sesuai dengan SK Kwartir Nasional No. 6/KN/72 Tahun 1972. Kira-kira apa makna yang terkandung ya? berikut penjelasannya yang dilansir dari laman lensapramuka.com:

1. Buah Kelapa Tumbuh "Cikal"

Adanya istilah cikal bakal di Indonesia artinya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penduduk asli yang pertama yang menurunkan generasi baru. Pada lambang pramuka yang sangat center ini mengandung kiasan yang berarti Pramuka sebagai inti kelangsungan hidup bangsa.

2. Buah Kelapa "Dapat Bertahan Lama Dalam Keadaan Apapun"

Kiasan yang terkadung dalam tiap lamgang Pramuka adalah seseorang yang memiliki sehat rokhaniah dan jasmani, kuat dalam menghadapi segala pencobaan, serta mengabdi kepada tanah air Indonesia.
3. Kelapa "Dapat Tumbuh Dimana Saja"

Lambang kelapa ini membuktikan bahwa besarnya penyesuaian diri atau adaptasi dengan lingkungan sekitar. Dapat disimpulkan, Pramuka dapat melambangkan kedekatan dengan masyarakat dalam keadaan apapun.

4. Kelapa "Tumbuh Menjulan Keatas dan Merupakan Salah Satu Pohon Tertinggi di Indonesia"

Dalam menggapai cita-cita, dasar lambang ini menjadi pacuan. Dimana Pramuka harus memiliki keyakinan yang teguh, jujur dan mulia, serta ia tak mudah terhasut untuk menggapai tujuannya.
5. Akar Kelapa "Tumbuh Kuat dan Erat"

Tumbuh kuat dan erat dalam simbolis Pramuka adalah keyakinan yang teguh, serta berpegang teguh kepada dasar-dasar kebaikan, kebenaran, dan kenyataan untuk menggapai suatu tujuan atau cita-cita.

6. Kelapa "Pohon Yang Serba Guna"

Melambangkan manusia ialah makhluk hidup yang berguna, tentu kepada umat manusia dan Bangsa dan Negara Republik Indonesia. ( sof/ red)