Kades Tritik Hartoyo Dukung Penanaman Porang Untuk Perubahan Perekonomian Warganya - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Saturday, August 3, 2019

Kades Tritik Hartoyo Dukung Penanaman Porang Untuk Perubahan Perekonomian Warganya



Nganjuk,Radar Merah Putih.com - APBN melalui Dana Desa secara periodik berkenaan Tahun Anggaran 2018 yang pelaksanaan pembangunan dan Infrastruktur desa dilakukan pada tahun 2019.

Pada terapan dan serapan Dana Desa tahun ini lebih difokuskan pada kegiatan infrastruktur jalan berupa  pavingisasi dan juga adanya kegiatan pembagunan drainase.Adapun kegiatan yang ada di Desa Tritik meliputi Pavingisasi sekitar di 2 titik.Drainase 1 titik dan  Plengsengan 1 titik.

Disisi lain untuk penguatan perekonomian warganya  Kepala Desa Tritik ,Hartoyo saat ditemui awak media menyampaikan," Porang  incum di Desa Tritik, mayoritas penanam porang,  dengan penanaman porang tersebut, secara otomatis bisa menambah," ungkapnya

Informasi yang dihimpun oleh awak media ini diketahui benih umbi per kilo sebesar Rp.125 .000,00 (seratus dua puluh lima ribu)juga ada panen katak dan panen umbi kalau dibandingkan dengan harga lain,harga tersebut yang sangat fantastis.

 Masih menurut Hartoyo ,"Semenjak warganya  menanam porang,hingga saat ini menjadikan ekonomi masyarakat lebih baik dan mengalami perubahan secara umum.

Sekedar diketahui ,tahun ini banyak warga desa Tritik mengalami kemajuan ada  yang sudah membeli mobil  ataupun motor. 

Fungsi dari pada pohon  porang sebagai bahan makan seperti  mei dan alat  kosmetik.

Diakhir perbincangannya, Kades Hartoyo berharap Pemkab Nganjuk melalui PMD memberi dukungan dan bantuan yang bisa menambah kegiatan penanaman porang, dan pengelolaan dari hasil  panen Porang bisa diproduksi oleh  Nganjuk sendiri,  sehingga  petani porang tidak perlu jauh jauh menjual  hasil Panenya"pungkasnya. (siwi)