Dana Desa Bungur Sukomoro Utamakan Sumur Sible Untuk Petani. - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, September 17, 2019

Dana Desa Bungur Sukomoro Utamakan Sumur Sible Untuk Petani.



Nganjuk,  Radar  Merah Putih. Com-Sebuah desa  dituntut berlomba lomba untuk mempercantik  desanya masing masing , dengan dana yang dikucurkan oleh  pemetintah pusat melalui program Dana Desa  .

Seperti  yang dilakukan  Pemerintah Desa Bungur Kecamatan Sukomoro ini,   hingga saat ini sedang dalam proses pembuatan sumur sible  ( pompa air dengan  kedalaman 125 M)  .

Informasi yang diterima dari Yatiran kepala desa  Bungur " Dengan dana yang bersumber dari Dama Desa tahun anggaran  2019 ini,  pemerintah desa Bungur sesuai dengan RPJMdes  difokuskan untuk pembuatan sumur sible ( sumur dalam)  , '" jelas  Yatiran kepada Radar Merah Putih.

Lebih lanjut, "  dan saat ini ada 4 titik sumur sible yang sedang dalam proses pembuatan , ada di 4 dusun,  dusun Njali  , dusun,  karangasem,  dusun Bungur dan di dusun Kajang , " lanjut Kades.

Fendi Jogotirto ( kaur keuangan)  menambahkan, " alasan difokuskanya pembuatan sumur sible ini karena di desa Bungur mayoritas adalah petani, sehingga sumber air sangat dibutuhkan oleh petani, apalagi saat musim kemarau seperti ini" tambah Fendi.

Diakhir perbincanganya " Dari masing masing titik  sumur sible tersebut dibutuhkan Paralon paling bawah 6 dim sepanjang 125 M,  dan  paralon 3 dim sepanjang 30 M, dan masing masing sumur  sible  tersebut dengan kedalaman 125 M,  mampu mengairi 10 Ha."pungkas Fendi.
Diharapkan dengan adanya pembuatan sumur tersebut,  masyarakat  kususnya petanibbisa memanfaatkannya,  sehingga para petani bisa mencocok tanam 3 sampai 4 kali dalam setahun. ( siwi) .