-->

Author Details

Yatim Piyatu Jember Bersolawat Bersama Bupati Faida

Wednesday, December 11, 2019, December 11, 2019 WIB Last Updated 2019-12-12T00:52:43Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Jember,  radar merah putih. Com - Bertempat di Aula PB Soedirman Pemkab Jember kembali menggelar kegiatan 'Yatim Bersholawat', Senin (9/12/2019)

Bupati Jember Faida menyebutkan, dirinya memiliki data ada 10.000 anak yatim, piatu, yatim piatu yang tersebar di Kabupaten Jember.

"Data yang saya miliki ada sekitar 10 ribu anak yatim. Tentunya ini masih bertambah, kalau ada yang tidak masuk di data saya, dan Pemkab  Jember melakukan kegiatan ya melalui  " Yatim Piyatu Bersolawat ini , dan ini sudah kedua kalinya kita mebikin kegiatan ini " ujar Faida.

"Kali ini kegiatan keduanya kalinya di tahun 2019. Kenapa kita menggelar kegiatan ini, supaya anak yatim piatu bisa mendapatkan program bantuan secara lengkap," lanjutnya.

Pada kegiatan Senin (9/12/2019) itu, ada 1.074 anak yatim/piatu/yatim piatu yang diundang.
Mereka berusia mulai dari 6 bulan hingga 18 tahun. Anak-anak ini mendapatkan bantuan peralatan sekolah, buku rekening tabungan atas nama mereka.

"Uang tidak diterima oleh orang tua atau pendampingnya, namun langsung oleh anak-anak karena uang ditaruh di buku tabungan mereka. Jadi semuanya membawa pulang buku tabungan. Sekaligus mengajarkan anak-anak untuk menabung," imbuh Bupati Faida.

Program bantuan dari pemerintah yang diberikan kepada anak-anak yatim piatu ini adalah mengikutsertakan mereka dalam program BPJS Kesehatan.

Pemkab Jember membayarkan iuran per bulannya. Kemudian ada bantuan beasiswa untuk pelajar tingkat pendidikan dasar hingga menengah atas.

Bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah, juga bisa mengakses beasiswa kuliah.

"Juga ada pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) dari Dispendukcapil bagi anak-anak yang belum memiliki KIA. Serta Dinas Perhubungan memberikan vocer angkutan gratis kepada pelajar anak-anak yatim ini," jelas Bupati Faida.

"Vocer angkutan gratis ini untuk berangkat dan pulang sekolah, bisa memakai angkutan umum perkotaan, pedesaan, juga ojek. Disiapkan anggaran Rp 1 miliar untuk vocer angkutan gratis ini," lanjutnya.

Kegiatan Yatim Bersholawat ini diisi berbagai acara antara lain pembacaan selawat nabi, pengajian yang diisi oleh KH M Mushoddiq Fikri, Pengasuh Ponpes Riyadhus Sholihin, serta penampilan anak-anak.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan 22 janji Bupati/Wakil Bupati Jember yakni membumikan selawat di Kabupaten Jember. ( adv / rzal)


Komentar

Tampilkan

Terkini