Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk , Turun lapang dalam Penilaian Lomba PTP ( Pemanfaatan Tanah Pekarangan ) di Kedung Glugu , Gondang - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Thursday, August 27, 2020

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk , Turun lapang dalam Penilaian Lomba PTP ( Pemanfaatan Tanah Pekarangan ) di Kedung Glugu , Gondang




Nganjuk  , radar merah putih .com - Ketua TP  PKK Kab . Nganjuk  Ibu Yuni. Shopia Rahman  bersama rombongan hadir dalam penilaian lomba PTP ( pemanfaatan tanah pekarangan ) " Galih Bersinar "  di desa Kedung Glugu Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk , Kamis ( 27)08/2020) .


Menurut Camat Gondamg Ida Shobihatin dalam sambutanya menyampaikan ," warga desa Kedung Glugu  disini  semuanya sudah pada ngerti dan paham akan adanya  memanfaatkan lahan pekarangan disekitar rumah , dengan media polibek  mereke  menanam sayur sayuran dan buah buahan ," ,kata Camat dimimbarnya .



Lomba PTP Galih Bersinar Kedung Glugu  sudah  merupakan 6 besar se Kabupaten Nganjuk .


Bicara tentang stanting atau gizi buruk pada anak  , di desa keung glugu untuk tahun ini sudah berkurang , kalau stanting di tingkat kecamatan juga sudah  berangsur dan menurun  , 


Di tahun 2019 lalu , kami galakakn dan kita adakan lomba  Desa berseri , dengan teraoan yang sama yaitu memanfaatkan tanah pekarangan disekitar rumah .



Dengan pembenahan  lahan pekarangan di sekitar  rumah , dan menanam buah dan sayur sayuran sehingga masyarakat tanpa harus pergi kepasar untuk berbelanja sayuran .


Tentang  Bank Sampah di desa Kedung Glugu , masyarakat bisa menukar sampah dengan uang , sehingga barang bekas atau sampah tidak terbuang sia sia ,  Melalui bidan dengan bank sampah  bisa berjalan. Dari semua itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat , 


Lanjut  Camat  bahwa di Kecamatan  Gondang , kami  berupaya untuk mengembangkan program seperti di Kedung Glugu bisa merambat ke desa lainya . 



Diharapakan dengan warga yang terdapat balita stanting , minimal di lingkup rumah ada beberapa tanaman buah buahan .sebagai tonggak mendongkrak kesehatan bisa menjadi baik .

Berharap agar Kedung Glugu Galih Bersinar menjadi nomor satu dan siap untuk maju ke tingkat  Propinsi .


Yuni. Novi Rahman Hidayat ,. Desa Kedung Glugu  sudah masuk 6 besar di kabupaten , dan sudah tiga hari saya disini , saya sudah melihat semuanya , tertata dengan baik , mulai dari bank sampah , penamanan toga , sayuran , buah buahan juga ibu ibu kader Posyandu dalam penanganan stanting .


Acara demi acara selesai , dilanjut ramah  foto bersama dan ramah tamah ( siwi ,) ,