*PolAirud Polres Dompu, melakukan patroli gabungan di Teluk Saleh"*_ - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Sunday, May 23, 2021

*PolAirud Polres Dompu, melakukan patroli gabungan di Teluk Saleh"*_

 


NTB,Dompu radar merahputih.com  Polairud polres Dompu melakukan patroli gabungan  dengan  instansi lain, yakni :

 Sitkamtibmas Sat Pol PP .Pol Airud Polres  Dompu, Selama 1×24 Jam,  tetap melakukan operasional laut, Minggu tgl 23 Mei 21 pukul 07.00 WITA s/d selesai.

    Patroli penjagaan gabungan di unit Pos Polairud Calabai,teluk saleh  Kec.Pekat,  Kab.Dompu.

Dengan adanya patroli gabungan 1 ( satu ) orang anggota perwakilan Pos Pol Airud wilayah Calabai, dan Kempo, *Brigadir Abdul Kadir* .



     Selain wilayah Polairud Calabai, Kempo, dalam pelaksanaan kegiatan patroli gabungan bersama instansi terkait , juga di lakukan patroli gabungan di perairan Teluk Cempi Kec. Hu'u, Kabupaten  Dompu, dan sekitarnya untuk memantau proses Kegiatan Nelayan dan mengatisipasi terjadi nya tindak pidana.

     Adapun instansi terkait yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan patroli tersebut antara lain:

Wordlife Conservation Sociaty ( WCS ) : ULUL AZMI,

Ketua Koperasi Usaha Baru : MUHAMMAD YUSUF,

Ketua Pokmaswas Kec. Hu'u, binaan dari Dinas Kelautan dan perikanan Kab. Dompu: SYARIFUDDIN.



Bentuk kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedua, dengan sasaran masyarakat pesisir perairan ,  Dompu dengan memberikan himbauan yaitu : Melaksanakan giat patroli dipesisir pantai teluk cempi, dengan sasaran kapal nelayan yang tengah mencari dan menangkap ikan ditengah laut, yang tidak mengantongi ijin.

    Memberikan sosialisasi  pergub. No. 32, THN 2018, tentang pengelolaan ikan kakap dan kerapu dengan larangantidak boleh menangkap dibawah ukuran 50 gram.

    Memberikan sosialisasi Tentang kawasan konservasi suaka alam perairan teluk cempi Prov. NTB yang diatur dalam KEPMEN KP. 22 THN 2020.

    Menyikapi hal itu melakukan Penyerahan pamplet pergub, Kepada nelayan pesisir Teluk Cempi.

 Kedua orang anggota Pos Pol Airud Calabai,  Pekat , BRIPTU LALU REZA AKBAR, dan BRIPTU IMRAN*  Melaksanakan kegiatan polmas perairan, dengan sasaran masyarakat pesisir penumpang kapal penambang yang sedang melakukan bongkar muat orang, dan barang bawaan dari Pulau Moyo, Kec. Badas, Kab. Sumbawa, bertujuan ke Desa Calabai, Kec. Pekat, Kab. Dompu NTB.

 Kepada nahkoda kapal agar selalu mperhatikan alat keselamatan di atas kapal seperti, baju pelampung ( Life jacket ), Ring boey ( life boey ), dan muatan kapal harus sesuai dengan Gros tone kapal, tidak melebihi kapasitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku ,mengingat cuaca yang saat ini tidak bersahabat , apabila menemukan cuaca buruk dan angin kencang, gelombang pasang dan lain, segera hentikan pelayaran, mencari tempat yang aman untuk berlindung, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, harap Polairud.

Kami atas nama Polairud wilayah hukum laut teluk saleh memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat pesisir  yang sedang beraktifitas , agar tetap selalu mematuhi dan mentaati protokol kesehatan Covid - 19, sesuai dengan INPRES no 06 Thn 2020, Tentang Peningkatan disiplin, dan penegakkan hukum protokol kesehatan dalam penanganan dan pencegahan covid 19, serta mensosialisasikan peraturan Gubernur NTB No.07 Thn 2020 yaitu, tentang pemberlakuan peraturan Provinsi NTB untuk selalu mematuhi protokol kesehatan covid 19, dan apabila tidak memakai masker, dan menjaga jarak maka bisa dikenakan denda sebesar 100 (seratus ribu rupiah), 



Maka dari itu kita memulai dengan kebiasaan baru pola hidup sehat 5 M yaitu:

 Memakai masker , Mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir,  Menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. , Menghindari kerumunan , Mengurangi mobilisasi , Mengatisipasi terjadinya tindak pidana seperti pengeboman Ikan.


Seluruh Rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar, aman terkendali, hal-hal yang menonjol nihil.teluk cempi dan teluk saleh cerah, angin dan gelombang landai, tdak ada yang mengkhawatirkan aktifitas para Nelayan . 

(Zun)