-->

Author Details

Jajal LRT Jabodebek, Presiden: Sangat Cepat dan Tanpa Masinis*

Sunday, December 25, 2022, December 25, 2022 WIB Last Updated 2022-12-26T06:55:19Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Jakarta ,radarmerahputih.com - Presiden Joko Widodo meninjau dan melakukan uji coba proyek kereta lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek, pada Senin, 26 Desember 2022. Tiba sekira pukul 08.00 WIB di Stasiun LRT Harjamukti, Jakarta Timur, Presiden Joko Widodo langsung meninjau perkembangan proyek LRT dengan dipandu oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Mohamad Risal Wasal.


Selanjutnya, Presiden melakukan tap kartu multi trip LRT Jabodebek untuk masuk dan naik menggunakan eskalator menuju platform 2. Presiden kemudian naik ke gerbong pertama rangkaian kereta LRT TS 23 yang membawa 5 gerbong kereta lainnya untuk kemudian menuju Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.


Rangkaian kereta LRT yang membawa Presiden dan rombongan terbatas berangkat pukul 08.16 WIB, dan tiba di stasiun TMII pukul 08.28 WIB. Perjalanan sepanjang 9 kilometer tersebut ditempuh selama 12 menit dengan kecepatan kereta 80 km/jam. 


"Sangat cepat sekali dan tanpa masinis," ujar Presiden dalam keterangannya usai melakukan uji coba kereta LRT di Stasiun TMII, Jakarta.


Dalam kesempatan tersebut,  Presiden juga mengapresiasi proyek kereta LRT Jabodebek yang merupakan hasil karya anak bangsa. "Yang kita senang, kita bangga adalah kereta ini buatan INKA, semuanya buatan INKA, termasuk sistem tanpa masinisnya semuanya dari INKA," ungkap Presiden.


Menurut Presiden, saat ini progres kereta LRT Jabodebek telah mencapai 87 persen. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dirampungkan agar dapat beroperasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan, mulai dari depo hingga sinkronisasi sistem.


"Kita harapkan nanti bulan Juni, Juli 2023 sudah bisa beroperasi berbarengan nanti dengan kereta cepat," ucap Presiden.


Presiden pun mengaku nyaman setelah melakukan uji coba kereta LRT Jabodebek. Meski demikian, Presiden menyebut masih mendengar sedikit suara saat kereta LRT berada di lintasan yang berbelok.


"Saya tadi nyaman, cepat, dan tidak berisik. Hanya pas belokan aja tadi (berisik)," tuturnya.


Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan ini adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.


( NN / Tfq ).


Komentar

Tampilkan

Terkini