Uji akurasi meter air, upaya untuk memastikan pemakaian air pelanggan perumda tirta Kanjuruhan

 


Kanjuruhan Malang, Perumda tirta Kanjuruhan saat ini telah tumbuh dan berkembang sebagai salah satu BUMD air minum terbaik nasional, yang selalu melakukan upaya untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja penyediaan air minum.

Dengan jumlah pelanggan yang lebih dari 100.000 sambungan rumah dan lebih tepatnya 143.910 sambungan, perumda tentunya memiliki strategi untuk dapat menjaga konsistensi layanan yang diberikan.


Untuk memastikan kualitas layanan yang diberikan, perumda secara rutin melaksanakan survey kepuasan pelanggan yang dilaksanakan dengan bekerjasama pihak eksternal atau akademisi dan hasilnya setiap tahun, hasil survey terhadap kualitas layanan perumda tirta Kanjuruhan dinyatakan baik. Salah satu yang di ukur dari kepuasan pelanggan tersebut adalah kesesuaian antara pemakaian dan tagihan pembayaran rekening air.


Ketepatan pemakaian air yang diperoleh dari hasil pembacaan meter setiap bulannya, salah satunya ditentukan oleh kondisi meter air yang terpasang di pelanggan, kondisi meter air setiap pelanggan semua terekam pada aplikasi mobile meter reading (MMR) serta melalui sistem terintegrasi kondisi meter air dapat di ketahui.


Dan melalui program uji akurasi meter air, perumda tirta Kanjuruhan memastikan agar meter air selalu dalam kondisi dan fungsi yang baik untuk menghasilkan data pemakaian air yang akurat. Uji akurasi meter air tahun 2022 dilaksanakan pada 28.728 meter air dan sudah realisasi 100% , sedangkan untuk tahun 2023, uji akurasi meter air direncanakan pada 29.800 pelanggan.


Dengan uji akurasi meter air diharapkan, mampu memastikan seluruh meter air dalam kondisi dan fungsi yang baik, serta dapat mendukung ketepatan pembacaan meter air yang dijadikan dasar penagihan rekening air pada pelanggan perumda tirta Kanjuruhan.

Hal itu dilaksanakan sebagai bentuk untuk menjaga kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh perumda tirta Kanjuruhan. (Tim)


 

Post a Comment

0 Comments