Peringati Hari Lansia Nasional ke 27 , Dinas Kesehatan Nganjuk Gelar Kegiatan Yang Dipusatkan Di Tanjunganom .

 


Nganjuk ,radarmerahputih.. .com – Dalam rangka Peringatan Hari  Lanjut Usia Ke – 27 Tahun 2023 , Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk  menyelenggarakan kegiatan dengan tema ” Keluarga Hebat, Lansia Terawat dan Smart, Indonesia Bermartabat “, yang bertempat di Gedung Balai Kelurahan Tanjunganom .


Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi  didampingi  Yuni Marhaen juga bersama rombongan , Selasa  ( 30/05/2023).


Dilokasi selain  Marhaen Djumadi beserta Yuni Marhaen, hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk Dr. Hendry, Camat Tanjunganom Andrian, juga dihadiri seluruh Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Nganjuk, Kader – Kader Penggerak PKK Kelurahan maupun Kecamatan, hadir juga Kapolsek beserta Danramil Tanjunganom, para Lansia beserta segenap undangan yang hadir di acara tersebut.



Kang Marhaen sapaan akrab Bupati Nganjuk, dalam kesempatannya mengatakan bahwa, dirinya sangat mengapresiasikan kegiatan tersebut, yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk beserta Kepala Puskesmas yang ada di Nganjuk.


” Hebat, jempol bagi penyelenggara kegiatan ini, juga para bapak – bapak dan ibu – ibu yang hadir di acara ini yang usianya sudah di atas 50 Tahun hingga usia 70 Tahun, semoga acara dalam rangka Peringati Hari Lansia ke – 27, bisa menjadikan penyemangat untuk lansia, semoga selalu sehat dan selalu diberi kenikmatan dan kemudahan oleh Tuhan Yang Maha Esa ” harap Kang Marhaen.


Hari Lansia Nasional merupakan sebuah wujud apresiasi dari negara terhadap peran dan kontribusi besar para kaum lanjut usia. Mereka juga berperan dalam untuk mempertahankan kemerdekaan.


Peringatan Hari Lansia Nasional merupakan gagasan dari Dr. KRT. Radjiman Wedyodiningrat saat memimpin sidang BPUPKI pada 29 Mei 1945. Adapun kemudian HLUN disahkan pada 29 Mei 1996 di Semarang.


Selain itu, pemerintah memberikan perhatian secara khusus kepada masyarakat lanjut usia berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan. Hal ini selanjutnya menjadi mandate untuk mewujudkan masyarakat lansia yang sejahtera, mandiri, dan bermartabat.



Selanjutnya para Lansia yang hadir di acara tersebut, juga mendapatkan kado Ulang Tahunnya yang ke – 27, berupa paket sembako dan santunan, yang dibagikan Kadis Kesehatan bersama Bupati Nganjuk.



Ditempat yang sama, Kristiana. F selaku Kabid di Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk mengatakan, bahwa hari ini adalah acara Peringatan Hari Lanjut Usia Ke – 27 Tahun 2023, ” ini adalah salah satu bentuk apresiasi lansia harus sehat, ini juga salah satu bentuk kepedulian kita terhadap para lansia, dan ini kita peringati satu tahun sekali secara bersama – sama, harapan kami kalau para lansia sehat, berarti Bangsa ini kuat ” pungkasnya.


Selamat Hari Lanjut Usia Nasional 2023 ...!  Hari Lanjut Usia Nasional diperingati setiap tahunnya pada 29 Mei. Tahun ini, Hari Lanjut Usia Nasional atau Hari Lansia Nasional kembali diperingati pada Selasa  (30/5/2023).


Peringatan Hari Lansia Nasional merupakan wujud apresiasi dan penghargaan dari negara Republik Indonesia atas semangat, jiwa raga, serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan.


Mereka juga berkontribusi dalam pembangunan dan memajukan bangsa. Melalui peringatan Hari Lansia Nasional, masyarakat diharapkan memberikan perhatian secara khusus kepada para lansia.



Selanjutnya, langkah konkret untuk memperingati Hari Lansia Nasional adalah dengan menghormati para lansia di sekitar Anda. Rawatlah mereka dengan baik. Luangkan waktu untuk mendekatkan diri bersama mereka dan dengarkan keluh kesahnya. Beri mereka perhatian dan tunjukkan kasih sayang Anda kepada mereka.


Selain itu, Anda juga dapat menggalang dana atau memberikan sumbangan kepada komunitas peduli lansia. Atau, berikan sumbangan dan bantuan secara langsung ke panti jompo.


( Adv / sw ) 

Post a Comment

0 Comments