HUT RI ke 78, Pemerintahan Kelurahan Parang Magetan Gelar Seni Reog Ponorogo.

 

Aksi Penari Ganongan di Peringatan HUT RI ke 78 Kelurahan Parang Magetan.) 


Magetan, radarmerahputih.com - Memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 78, Pemerintahan Kelurahan Parang, Magetan, menggelar kesenian Reog Ponorogo pada Sabtu Malam (12/08/2023).


Pagelaran Reog ini disamping untuk memeriahkan HUT RI, juga sebagai sarana hiburan bagi masyarakat. Dilaksanakan di sekitar area Taman Garuda, pertunjukan seni Reog sangat menarik antusias warga meski diadakan di malam hari.


Lincahnya aksi para penari Ganongan menarik perhatian masyarakat yang datang.  Beberapa penari Jathilan pun tak kalah dalam menunjukkan aksi seninya. Terlihat dari senyum kegembiraan warga tatkala menyaksikan pertunjukan mereka.


Selain itu Pemerintah Kelurahan Parang juga berupaya menggeliatkan kembali UMKM, karena pagelaran Reog bertepatan dengan pelaksanaan Pasar Akhir Pekan yang diadakan setiap Sabtu malam.


Agustin Ambarwati, Kepala Kelurahan Parang, berharap dengan kemeriahan pagelaran seni Reog ini mampu mendatangkan banyak pengunjung, sehingga para pedagang yang berjualan pun bisa ikut merasakan hasilnya.


"Di Peringatan HUT RI yang ke 78 ini, Kelurahan Parang sengaja untuk menggelar kesenian Reog Ponorogo, selain untuk memenuhi kebutuhan hiburan masyarakat juga untuk menghidupkan kembali UMKM yang ada di Pasar Akhir Pekan ini," tutur Agustin Ambarwati.


( Penampilan Reog di Peringatan HUT RI ke 78 Kelurahan Parang Magetan.


"Ya semoga dengan ramainya pengunjung hari ini bisa mendatangkan pundi-pundi keuntungan bagi para pedagang," tambahnya.


Lebih lanjut dijelaskan, dengan digelarnya seni Reog ini bisa diharapkan mampu membangkitkan gairah anak-anak muda untuk tetap cinta tanah air, menghargai perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan yang saat ini dirasakan serta  melestarikan kebudayaan asli bangsa Indonesia.


Rasa puas terlihat dari wajah para pengunjung yang datang tatkala satu dadak merak tampil dengan aksi yang menakjubkan. (ik)

Post a Comment

0 Comments