PPDB Tahun Ini , Disdik Nganjuk Lakukan Lebih Awal

 


Nganjuk ,radrmerahputih.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Hal ini dilakukan setelah dinas pendidikan (disdik) mengevaluasi kekurangan PPDB tahun lalu. 


Sopingi kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk melalui Hadi Sukamto Sekdin ( ketua Panitia PPDB ) mengatakan ," Untuk jalur prestasi, disdik mengizinkan SMPN menggelar tes atau ujian tulis untuk seleksi calon siswa baru. Ini dilakukan agar sekolah dasar (SD) tidak berlomba-lomba memberi nilai terlalu tinggi di rapor kelas IV, V, dan VI semester 1." Ujar Hadi Sukamto 


Masih menurutnya ," Karena nilai rapor tidak semata-mata jadi acuan untuk diterima jalur prestasi akademik. “Prosentase pembobotan untuk tes tulis 60% dan nilai rapor empat mata pelajaran sebesar 40% untuk jalur prestasi akademik,” jelas Sekdin 


Selain jalur prestasi akademik, untuk PPDB SMPN tahun ini tidak mengalami perubahan. Sistem zonasi, perpindahan tugas orang tua, afirmasi, dan prestasi perlombaan masih tetap digelar. Pendaftaran dimulai sejak  4-7 Maret untuk jalur prestasi. Kemudian, jalur afirmasi dimulai pada 13-15 Maret. Kemudian, jalur perpindahan orang tua pada 19-20 Maret. Terakhir, jalur zonasi akan dimulai pada 23-26 Maret.

Untuk  surat keterangan domisili sekarang sudah tidak berlaku lagi .Sedangkan untuk jalur Zona sesuai nama terdaftar di KK minimal 1 tahun . 

( Adv/ rdks ) .


Post a Comment

0 Comments