Polres Nganjuk Gelar Upacara Puncak Peringatan Hari Bhayangkara ke-78

 


Nganjuk – Kapolres Nganjuk, AKBP Muhammad, S.H., S.I.K., M.Si. memimpin upacara sebagai puncak peringatan Hari Bhayangkara ke -78 tahun 2024, acara digelar di alun-alaun Kabupaten Nganjuk, Senin(01/07/2024). 


Hadir dalam upacara tersebut, Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, S.STP., M.Si., Dandim 0810/Nganjuk, Letkol (Inf) Andi Sasmito S.I.P., Ketua Pengadilan Nganjuk, Jamuji,S.H., Kepala Kejaksaan, Alamsyah, S.H., M.H., Ketua DPRD Nganjuk, Tatit Heru Tjayono, S.Sos., 


Serta dalam upacara tersebut dikuti oleh Anggota Polres Nganjuk, Anggota Kodim 0810/Nganjuk, Pom TNI, Taruna Latja Akpol tingkat 2 angkatan 57 Batalyon Adhi Wiratama 2024 dan Siswa Diktuk Ba Polri SPN Polda Jatim, para tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, Forkopimcam se- Kabupaten Nganjuk, organisasi kemasyarakatan, Organisasi kemahasiswaan, organisasi pemuda, pengusaha, serta pelaku UMKM. 


Acara juga diwarnai dengan penyematan tanda jasa Satya Lencana Kesetiaan 8 tahun, 16 tahun, 24 tahun, 32 tahun dan Bintang Narariya Bkayangkara kepada anggota yang berhak menerima, serta dimeriahkan oleh pertunjukan tarian kearifan lokal kesenian Jaranan Manggolo Putro. 


Dalam sambutan Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Drs. Imam Sugianto, M.Si., yang dibacakan AKBP Muhammad, mengatakan peringatan saat ini mengambil tema "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas". 


Dengan semangat tema hari Bhayangkara tersebut diharapkan segenap insan Bhayangkara semakin memperkuat komitmen dalam mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. 


Hari Bhayangkara adalah momen yang senantiasa diperingati dengan penuh rasa syukur oleh segenap insan Bhayangkara, untuk merefleksikan perjalanan panjang dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dalam peringatan ini, kita tidak hanya merayakan hari jadi tetapi semua berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat. 


Dalam era globalisasi dan digitalisasi seperti saat ini, transformasi ekonomi menjadi kunci utama untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran bangsa. Polri, sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, memiliki peran strategis dalam mendukung percepatan transformasi tersebut. 


“Kita harus mampu memberikan jaminan keamanan yang kondusif bagi iklim investasi, mendukung kebijakan pemerintah, serta memastikan keadilan dan inklusivitas bagi seluruh lapisan masyarakat,” sambung AKBP Muhammad. 


Saat ini kita tengah menghadapi tantangan ketidakpastian global yang melahirkan gejolak ekonomi global. Untuk menghadapinya, dibutuhkan tranformasi ekonomi yang harus didukung dengan stabilitas kamtibmas yang kondusif. Stabilitas keamanan itu penting dalam rangka pembangunan negara kita, dalam rangka pertumbuhan ekonomi kita, dalam situasi yang tidak pasti karena ketidakpastian global. 


Kita juga perlu membangun sinergi yang kuat bersama TNI, Pemerintah Daerah dan seluruh elemen masyarakat. Kolaborasi dan kerja sama yang baik akan memperkuat kapasitas kita dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman, serta mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan guna terwujudnya Indonesia Emas 2045 yang kita cita-citakan bersama. 


Rangkaian hari Bhayangkara tahun ini juga menjadi bagian dari Cooling System untuk menumbuhkan kepedulian dan kebersamaan masyarakat. Mulai dari olah raga bersama, pembangunan fasilitas air bersih, bakti kesehatan, penyaluran bansos, bedah rumah, bakti religi, doa bersama dan berbagai perlombaan. 


“Kegiatan tersebut menjadikan momentum terciptanya sinergisitas antara Polri, TNI, stakeholder dan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan serta ketertiban di wilayah jawa timur,” kata AKBP Muhammad. 


Sebelum mengakhiri amanat, tidak lupa Kapolres menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, stakeholder terkait, mitra kerja, tokoh-tokoh, ormas, buruh, aktivis, mahasiswa, serta seluruh elemen masyarakat. berkat sinergi dan dukungan dari seluruh elemen bangsa tersebut sehingga Polri mampu mencapai titik ini. 


“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya juga kami sampaikan kepada seluruh personel Polda Jatim beserta keluarganya dimanapun berdinas,”tutup Kapolres.(Rdks).

Post a Comment

0 Comments