-->

Author Details

Pemerintah Desa Suka Damai Peringati " Nuzulul Qu'an

Thursday, April 28, 2022, April 28, 2022 WIB Last Updated 2022-04-29T01:30:02Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

  


Dompu NTB,- Radar merah putih, com - Pemerintah desa SukaDamai  melalui Pengurus mushollah Nurul Huda Dusun Cakra Baru Desa Suka Damai menggelar Peringatan Nuzul "qur'an "pada malam 27 Ramadhan 1443 Hijriyah, Di Mushollah Nurul Huda Kamis (28/4/2022) sekitar Pukul 20 WITA.


Peringatan Nuzul Quran ini berlangsung khidmat, diawali dengan Shalat Isya dan Tarawih beserta Witir berjamaah. Turut dihadir Kepala Desa Suka Damai, Mustanadi, S.Sos, Sekretaris Desa, Maswan, S.Pd.I, beserta BPD Desa Suka Damai dan seluruh Masyarakat setempat.



Kepala Desa Suka Damai, Mustanadi, S.Sos, dalam sambutanya menyampaikan, " Peringatan Nuzul Quran ini sebagai momentum memahami dan semakin mencintai Al Quran sebagai kitab suci yang dimuliakan oleh Allah SWT. Nuzulul Quran itu dimulai sejak penurunannya dari lauhul mahfuz secara utuh ke langit hingga sampai kepada Nabi Muhammad SAW, "Sambutnya.

Mustanadi, berharap " Peringatan Nuzul quran ini tidak hanya sekedar seremonial saja tetapi bagaimana menterjemahkan nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Memperingati Nuzul Quran sebagai sarana untuk mengingat dan mengenang kembali peristiwa penting  malam diturunkannya Mukjizat Al-Quran pertama kali oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Nabi  Muhammad SAW, " di Gua Hira " , pada saat Nabi Muhammad berada di gua Hira di datangi Malaikat Jibril , dan di tanyai, siapa Anda ? Jibril menjawab saya Malaikat Jibril , ahirnya Nabi Muhammad di suruh baca "Iqra " Muhmmad menjawab ma ana bikarib, mana saya tahu membaca dstnya,  kupasan singkat  Kades Musthanadi , S.sos.



Selain itu, Mustanadi, S. sos juga mengajak masyarakat Suka Damai untuk berkontribusi dan mendukung Program keagamaan yang diadakan, baik di Musholah maupun di Masjid ditiap Dusun masing-masing" ujarnya.



Sementara itu, TGH H. Jaelani, QH S.Pd.I, dalam tausiahnya menyampaikan, Hikmah dari malam Nuzulul Qur’an. Dimana hal yang sakral harus diperhatikan dalam malam Nuzulul Qur’an adalah ayat pertama yang diturunkan Allah SWT , di "Gua Hira " yakni Surat Al-‘Alaq yang berbunyi "Iqro "! atau Bacalah, ! sehingga pada malam ini, harus menjadi salah satu bahan tafakur dan thanus bagi kaum muslim.

Turunnya Al Quran ini berawal dari lauhul mahfuz ke langit dunia terjadi pada malam lailatul qadar. Pada malam ini Umat muslim menunggu malam Lailatul Qadar ini. Dengan banyak membaca dan memahami isi kandungan Alquran banyak manfaat dan faedahnya bagi umat muslim. Melalui Rumah Tahfidz, Sekolah Tahfidz, rumah ibadah dan jamaah suluk, di bulan yang penuh berkah dan pengampunan ini terus giat membaca Alquran" Tausiahnya.



"Oleh karena itu melalui momentum kegiatan  Nuzulul Quran ini marilah kita semua agar menjadikan Al-Quran sebagai satu-satunya sebagai pedoman hidup dengan keyakinan penuh tanpa ada keraguan didalamnya, karena isi kandungan Al-Quran mengatur segala aspek kehidupan manusia, dan di amalkan dalam kehidupan sehari _ hari, mari mempererat kebersamaan dan memperbaiki silaturahmi kita,”ajaknya.(zun).

Komentar

Tampilkan

Terkini